Rektor Untad Hadiri Pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Se – Indonesia di Padang

  • Post author:

Sebanyak 76 Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia berkumpul di Padang untuk menghadiri Welcome Dinner Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Jumat (17/5/2024) malam.

Pertemuan ini turut dihadiri Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT.,IPU.,ASEAN Eng selaku Rektor Untad yang digelar selama tiga hari, 17-19 Mei 2024, dengan UNP sebagai tuan rumah.

MRPTNI terdiri dari 144 anggota, 67 Perguruan Tinggi Akademik, 44 Perguruan Vokasi (Politeknik Negeri), dan 24 Universitas Islam Negeri. 

Beberapa agenda penting dalam pertemuan MRPTNI kali ini, di antaranya penggalangan dana untuk korban bencana alam di Sumatera Barat, FGD MRPTNI, peluncuran kelompok tani mahasiswa bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Festival Kebangsaan Muhasabah dan Doa untuk Sumbar yang dimeriahkan oleh sejumlah tokoh dan artis nasional.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dikti Ristek), Prof. Dr. Rer. Nat. Abdul Haris, M.Sc yang hadir dalam majelis tersebut memaparkan bahwa universitas perlu menghasilkan lulusan yang mampu menjawab kebutuhan dunia industri dan dunia usaha, serta menghasilkan karya inovasi yang dapat memberikan solusi atas kebutuhan masyarakat dan menopang perekonomian.

“Seorang rektor bukan sekadar pemimpin tim, tetapi juga seorang pemimpin dan pengusaha yang dengan sumber daya yang terbatas mampu menghasilkan hasil yang maksimal,” terangnya.

MRPTNI yang hadir di Sumbar mengangkat banyak kegiatan seminar dan muhasabah, dan bicara masalah pangan tentu ini suatu hal strategis karena akan mempersiapkan kepemimpinan di masa datang. Mampu menjawab permasalahan di masa datang. AA

Sumber : langgam.id