Untad Gelar Kuliah Umum & Bedah Buku Aldera Terkait Gerakan Politik Kaum Muda Era 1993 – 1999

  • Post author:

Bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Untad, acara kuliah umum dan bedah buku Aldera (Aliansi Demokrasi Merdeka) – Gerakan Politik Kaum Muda 1993 – 1999 digelar pada Kamis (09/02/2023) Pagi yang dihadiri langsung oleh Pius Lustrilarang, selaku penulis serta Gubernur Sulawesi Tengah, Walikota Palu Dan Bupati Se-sulawesi Tengah.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor mengharapkan agar momen kali ini mampu meningkatkan semangat gerakan politik kaum muda khususnya dikalanga mahasiswa.

“Melalui kuliah tamu dan bedah buku ini, saya berharap agar kalangan mahasiswa dapat menjadi generasi yang dapat mencintai serta menjaga keutuhan NKRI,” ujar Prof.Mahfudz.

Dikesempatan yang sama, Rusdy Mastura selaku Gubernur Sulteng mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pius Lustrilanang yang telah meluangkan waktunya berkunjung ke Sulawesi Tengah untuk berbagi pengalaman kepada mahasiswa agar mengingat sekaligus melanjutkan perjuangan reformasi dan demokrasi di Indonesia.

Pada kesempatan lainnya, Dr. Pius Lustrilanang, S.IP., M.Si, CRFA., CSFA selaku penulis buku Aldera sekaligus Anggota VI BPK RI menuturkan agar mahasiswa dapat mempertahankan semangat sebagai cerminan hati nurani rakyat.

“Saya titipkan masa depan demokrasi ini kepada para mahasiswa skalian yang hadir saat ini, kalian jangan pernah ragu sebagai cerminan hati nurani rakyat. Ketika ada masalah, kalian semua menjadi terdepan untuk tampil. Jaga semangat kritis itu,” ujar Dr. Pius.

Buku Aliansi Demokrasi Rakyat ( Aldera ) merupakan potret gerakan politik kaum muda 1993 – 1999 yang berisikan pergerakan mahasiswa di tahun 1998 dan menceritakan dinamika dan semangat kaum muda dalam mendorong reformasi . Yang dimana momen tersebut merupakan salah satu tonggak sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

Usai sambutan-sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan bedah buku yang menghadirkan dosen Fakultas Hukum Untad, Dr. Rahmat Bakti, SH, MH, dan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Untad, Dr. M. Nur Alamsyah, S.IP., M.Si sebagai narasumber.

Selain aktivitas kuliah umum dan bedah buku, kegiatan tersebut turut dirangkaikan dengan penanaman pohon di area Universitas Tadulako. AA