UPT. Perpustakaan Untad Resmikan Pojok Baca Digital (POCADI)

  • Post author:

Pada Selasa (13/12/2022) Pagi, UPT. Perpustakaan Untad meresmikan Pojok Baca Digital (POCADI) yang merupakan hasil kerjasama antara UPT. Perpustakaan Untad dengan pihak Perpustakaan Nasional RI, Jakarta.

Dalam laporannya, Nurhayati, S.Sos, M.Si selaku Kepala UPT. Perpustakaan Untad menuturkan bentuk bantuan POCADI dari Perpustakaan Nasional RI yang diresmikan hari ini di Untad.

“ Pihak perpustakaan Untad telah menerima bantuan POCADI secara resmi pada tanggal 6 des 2022 yang lalu diantaranya :

  • 4 Unit Komputer
  • 1 Unit DLS
  • 1 Unit TV LED 43 Inch
  • 1 Unit Perangkat Power Back Up/USP
  • 1 Unit Interior Meubelair dan Jaringan Komunikasi
  • 5 Unit Tablet Android

Pojok Baca Digital (POCADI) merupakan tempat menelusuri informasi secara digital melalui buku elektronik (e-book) secara pulteks, koleksi e-book yang ada di Pocari berasal dari konten yang tersimpan pada lokal server dan juga konten IPUSNAS yang dapat diunduh melalui aplikasi IPUSNAS.

Aset POCADI diperuntukan sebagai pelayanan perpustakaan masyarakat, khususnya civitas akademika universitas Tadulako secara terintegrasi dengan perpustakaan Nasional RI. Selain itu, Untad merupakan satu satunya perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia yang mendapatkan fasilitas POCADI dari Perpustakaan Nasional RI. Diharapkan fasilitas ini dapat meningkatkan literasi masyarakat khususnya yang ada di lingkungan Universitas Tadulako.” Papar Nurhayati, S.Sos, M.Si.

Dikesempatan yang sama, Dr. Lukman Nadjamuddin, M.Hum selaku Wakil Rektor bidang Akademik menyampaikan agar mahasiswa dapat memanfaatkan fasilitas baca berbasis digital seperti POCARI di UPT. Perpustakaan Untad.

“  Di Era seperti saat ini, semua dapat diakses secara digital salah satunya buku bacaan di perpustakaan. Dengan adanya POCARI di Untad, Mahasiswa akan semakin termudahkan untuk mengakses bahan bacaan dll sehingga manfaatkanlah akses tersebut semaksimal mungkin. Saya juga berharap kepada UPT. Perpustakaan Untad agar dapat meningkatkan SDM setiap staf nya agar dapat memaksimalkan penggunaan fasilitas POCARI sehingga bisa membantu mahasiswa dalam mengakses fasilitas ini.” Ujar Dr. Lukman.

Usai sambutan-sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda peresmian POCARI di Untad serta mulai mencoba berbagai fasilitas yang ada di POCARI dan ditutup dengan foto bersama. AA