Tingkatkan Pengelolaan Keuangan & Perbendaharaan, BUK Gelar Workshop Bagi Pengelola Keuangan Di Untad

  • Post author:

Untuk meningkatkan kemampuan teknis pihak pengelola keuangan khususnya pengambil kebijakan dan Pelaksana teknis disetiap Unit Untad, Biro Umum dan Keuangan (BUK) Untad pada Jumat (11/03/2022) pagi menggelar “Workshop Pengelolaan Keuangan dan Pembendaharaan Di Lingkungan Universitas Tadulako” dengan mengangkat tema “Meningkatkan Pelaporan Keuangan Secara Profesional & Proporsional” bertempat di Sriti Convention Hall Palu.

Dalam laporannya, Arief Budiman selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa workshop akan dilaksanakan selama 2 hari.

“ Workshop yang digelar selama 11-12 Maret 2022 ini akan diikuti sebanyak 117 peserta yang terdiri dari 14 Wakil Dekan, Wakil Direktur Pascasarjana, Wakil Ketua PSDKU, 12 Sub Koordinator Non Akademik, 21 Bendahara Pengeluaran Pembantu serta 70 Operator Pengelola Keuangan dari seluruh Unit Kerja Untad” Jelas Bpk. Arief Budiman.

Dikesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP dalam sambutannya menyampaikan agar setiap unit keuangan dapat mengikuti materi dengan maksimal sehingga mampu menjadi pelapor keuangan yang profesional.

“Harus diakui meskipun kinerja seluruh Pengelola Keuangan telah dilakukan dengan maksimal, peluang untuk terjadinya kekeliruan masih dapat terjadi. Sehingga dengan adanya penataran dari pihak Pelayanan Perbendaharaan Negara Palu dan Pelayanan Pajak Pratama Palu diharapkan dapat meningkatkan SDM setiap unit untuk menjadi pelapor keuangan yang profesional dan proporsional serta memahami regulasi dan SOP nya.” Ujar Prof. Mahfudz.

Usai sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan beberapa materi dari Pak Chorras Mandagi selaku AR Kantor Pajak Pratama Palu diantaranya ;

1. Materi Kewajiban Perpajakan Bendahara Instansi Pemerintah
2. Tata cara pemanfaatan Sistem Aplikasi E-BOPUT Instansi Pemerintah

Untuk 12 Maret 2022, materi yang akan dipaparkan terkait ;

1. Penatausahaan Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran dan BPP
2. Pengenalan Aplikasi Keuangan SIMAK

AA