Untad Gelar Acara Rapat Temu Awal Tim Pemeriksa BPK RI Bersama Civitas Akademika

  • Post author:

Bertempat di Lantai II Media Center Untad, acara “Rapat Temu Awal Tim Pemeriksa BPK RI Bersama Civitas Akademika” digelar pada Senin (14/02/2022) Pagi yang dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor, Para Dekan, Kepala Biro, Bendahara Keuangan, Dewan Pertimbangan dan tim BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor Untad menyambut hangat tim BPK RI diantaranya Bpk Pramono Setyadi, Syahril Rukli dan Eko Supriyanto.

“ Hari ini Untad kedatangan tim BPK RI untuk mengaudit pelaksanaan keuangan di Untad yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kita berharap hasil pemeriksaan nantinya mendapat WTP dengan hasil yang cukup membanggakan. Olehnya, saya berharap kepada seluruh dekan dan bendahara serta pelaksana keuangan untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan serta bukti fisiknya terkait belanja modal. Semoga dokumen yang dibutuhkan dapat terkumpul lengkap selama proses pengauditan kedepan.” Ujar Prof. Mahfudz.

Dikesempatan lainnya, Bpk. Pramono Setyadi selaku perwakilan tim BPK RI menyampaikan bahwa tujuan pemeriksaan dilakukan untuk memberikan opini atas kewajaran Laporan Keuangan denganmemperhatikan kesesuaian dengan standar Akuntansi Pemerintahan serta efektivitas sistem pengendalian intern berdasarkan standar pemeriksaan keuangan negara.

“ Lingkup pemeriksaan nantinya akan mencakup neraca, laporan perubahan likuitas, laporan realisasi anggaran, laporan arus kas, laporan operasional serta catatan atas laporan keuangan. Terkait Timeline pemeriksaan LKKL akan dilaksanakan dengan jadwal sebagai berikut ;
– Penyampaian LK Unaudited LKKL : 18 – 28 Februari 2022
– Pembahasan Konsep TP dengan Kemdikbudristek : 14 April 2022
– Usulan Jurnal Koreksi ; 1 Maret – 14 April 2022
– Tripartit (Nota Kesepakatan Sementara – NKS dan Nota KEsepakatan Final – NKF) ; April 2022″ Papar Bpk. Pramono.

Selain itu, beliau turut memaparkan hal hal yang menjadi fokus pengujian di Untad saat pemeriksaan diantaranya ;
– Managemen kas
– Managemen Pendapatan – Piutang/Utang
– Pencatatan Aset dan Persediaan
– Belanja Pegawai tahun 2021
– Belanja Barang tahun 2021
– Belanja Modal tahun 2021
– Dsb

Jangka waktu pemeriksaan lapangan dilaksanakan sejak tanggal 13 Februari hingga 20 februari 2022 mendatang. Usai pemaparan dari BPK RI, acara kemudian dilanjukan dengan penutupan dan di akhiri dengan sesi foto bersama. AA