Tingkatkan Profesionalisme & Keprotokolan, Untad Beri Bimbingan Teknis Guna Dukung Kegiatan Akademik/Non Akademik Untad

  • Post author:

Untuk meningkatkan kualitas layanan dan tata kelola Universitas Tadulako (Untad), Perencanaan dan Kerjasama Untad menyelenggarakan Bimbingan Teknis terkait Peningkatan Profesionalisme dan kepatuhan Keprotokolan dalam Mendukung Kegiatan Akademik dan non Akademik pada Senin pagi (09/09/2024) bertempat di Hotel Best western Plus Coco Palu.

Pada kesempatan tersebut, Yayat Hendayana, S.S.,M.Si selaku Ketua Tim Kerjasama dan Kehumasan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemdikbudristek menjadi narasumber pada Bimbingan Teknis tersebut.

Dalam sambutannya, Rektor yang diwakili Dr. Sc. Agr. Aiyen, M. Sc selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan kerjasama Untad menuturkan pentingnya keprotokolan dalam melaksanakan berbagai kegiatan di Universitas Tadulako.

“Hal terkait Protokoler memang perlu menyesuaikan dengan SOP Kementerian yang berdasarkan Keputusan Menteri Dikti No 42 tahun 2022 terkait protokoler secara keseluruhan (tidak hanya di pusat tapi seluruh unit dibawah naungan Kemendikbudristek). Acara seperti Upacara, Wisuda dan PKKMB merupakan kegiatan yang cukup rutin di Universitas Tadulako yang penuh dengan hal-hal ke-protokoleran. Kita menginginkan Untad memiliki tata cara kerja yang sesuai sehingga berdampak di perencanaan sehingga memiliki standar” paparnya.

Usai sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Yayat Hendayana selaku narasumber. Yayat menyampaikan bahwa masih banyak pihak yang keliru terkait keprotokolan. Banyak yang menganggap bahwa protokol hanya ada dalam baris-berbaris atau menganggap bahwa protokol erat kaitannya dengan acara yang ketat. Aturan keprotokolan sangat fleksibel sehingga kita harus memadukan antara kenyamanan pimpinan dengan aturan.

“Untuk menjadi protokol yang ideal ada tiga jawaban, yang pertama adalah seorang protokol harus bisa memahami perannya berdasarkan uraian tugas dan pedoman kerja. Protokol memiliki personal skills dan Protokol memiliki supporting pack.” paparnya

Ia turut menambahkan bahwa keprotokolan merupakan cerminan dari tata kelola yang baik dalam sebuah institusi pendidikan tinggi. Dengan menerapkan protokol yang tepat, kita tidak hanya menciptakan suasana yang formal dan tertib, tetapi juga meningkatkan citra positif  di mata masyarakat luas. Selain menjelaskan materi narasumber juga  mengajak beberapa tamu undangan untuk menjadi contoh terkait penerapan protokol yang tepat. Afdal/Vira

Editor AA