UPA TIK Gelar Lokakarya Strategi Percepatan Integrasi TIK dan AI dalam Menunjang Pertumbuhan Perguruan Tinggi

  • Post author:

Bertempat di Helsinki Hotel Palu, Unit Penunjang Akademik (UPA) Teknologi, Informasi dan Komunikasi pada Rabu (17/07/2024) pagi menggelar Lokakarya “Strategi Percepatan Integrasi TIK dan AI dalam Menunjang Pertumbuhan Perguruan Tinggi” yang menghadirkan pemateri asal IPB dan UNNES.

Dalam sambutannya, Rektor yang diwakili oleh Dr. Sc. Agr. Ir. Aiyen Tjoa. M. S.c selaku Wakil Rektor bidang Pengembangan dan Kerjasama Untad menyampaikan bahwa perguruan tinggi perlu mengikuti kemajuan teknologi salah satunya adalah kecerdasan teknologi seperti AI.

“AI merupakan kecerdasan buatan dalam bidang ilmu komputer yang tidak asing lagi dan telah marak digunakan di semua perguruan tinggi di dunia. Perguruan tinggi yang sudah maju tetap menghadapi tantangan dalam proses pembelajaran khususnya dalam perkembangan AI. Semua pihak dibutuhkan (tendik, dosen, rektor) jika ingin memaksimalkan AI. Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung proses Untad menuju UPTNBH. Saya harap ilmu terkait AI dari dua narasumber dapat kita pahami secara keberlanjutan. Harapannya AI juga dapat digunakan untuk percepatan Untad dalam system management kita,” ujarnya.

Ia turut menambahkan agar kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan roadmap teknis dan sasaran yang dapat menunjang integrasi TIK dan AI dalam peningkatan kualitas pelaksanaan tugas tri-dharma Perguruan Tinggi Universitas Tadulako.

Usai sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Ir. Julio Adisantoso., M.Kom selaku Kepala Lembaga Manajemen Informasi Dan Transformasi Digital Universitas Institut Pertanian Bogor (IPB) serta Alfath Yanuarto., S.Kom.,M.Kom selaku Dir/Kasubdit IT Universitas Negeri Semarang.

Materi dari IPB memaparkan terkait “Rencana Strategis TIK dan AI dalam Manajemen Perguruan Tinggi” kemudian materi kedua dari UNNES terkait “Strategi Percepatan Integrasi TIK dan AI untuk Menunjang Pertumbuhan Untad”. AA