PPG FKIP Kembali Laksanakan Yudisium Periode XIII PPG Dalam Jabatan Tahun Akademik 2023/2024

Sebanyak 447 mahasiswa PPG (Pendidikan Profesi Guru) Dalam Jabatan mengikuti Yudisium Periode XIII PPG FKIP Tahun Akademik 2023/2024. Pada hari Selasa (20/02/2024) bertempat di Convention Hall Swiss-Belhotel, kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Senat Universitas Tadulako, Rektor Untad, Kepala BPNP Sulawesi Tengah, Pimpinan dan para Civitas Academica FKIP Untad, serta Mahasiswa PPG Dalam Jabatan yang akan di yudisium.

Sitti Masyita, S.Pd.Gr selaku ketua panitia dalam laporan kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid.

“Jumlah peserta PPG Daljab Angkatan II Tahun 2023 ini berjumlah 447 mahasiswa, pada kesempatan ini dilakukan secara offline dan online. Untuk mahasiswa yang dapat hadir langsung sebanyak 268 orang sedangkan yang mengikuti secara online 178 mahasiswa,”jelasnya.

Dekan FKIP, Dr. Ir. Amiruddin Kade, M.Si dalam sambutannya menyampaikan agar kiranya para lulusan tetap menjaga kualitas pendidikan demi meningkatkan penjaminan mutu PPG khususnya di lingkungan FKIP Untad.

“Ada 4 kompetensi guru yang harus dimiliki yaitu kompetensi  profesional, kompetensi  kepribadian, kompetensi  sosial, dan kompetensi pedagogis. Maka penting bagi anda para guru professional untuk menjaga kualitas penjaminan mutu PPG yang ada di Universitas Tadulako terkhusus di FKIP.  Jika tidak serius menjaga kualitas PPG ini akan berdampak pada pengembangan PPG,”jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT.,IPU ASEAN Eng selaku Rektor menyampaikan bahwa sangat penting adanya peningkatan kapasitas sebagai seorang guru.

“Di dunia kerja kita sekarang ini tidak hanya menuntut keberadaan ijazah saja, tetapi sertifikasi bukti bahwa adanya keprofesional sebagai seorang pendidik juga dibutuhkan. Profesi guru ini merupakan benar-benar amal jariyahnya tidak terputus, maka penting bagi para calon guru meningkatkan kualitas diri menjadi guru yang professional. Untad kini juga mencoba hadirkan rekognisi pembelajaran lampau (RPL),”ucap rektor untad.

Dalam momen yudisium tersebut, rektor untad juga menyampaikan akan adanya peningkatan fasilitas penunjang PPG FKIP Untad agar terciptanya ruang kelas yang terjamin demi peningkatan kualitas pelaksanaan kegiatan pembelajaran PPG.

Setelah seluruh rangkaian sambutan-sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat bagi lulusan PPG yang hadir secara offline dan online,  pengucapan sumpah/ikrar profesi, pembacaan lulusan terbaik, penyerahan piagam, penyampaian kesan dan pesan Mahasiswa secara online, kemudian ditutup dengan foto bersama. ST