Tim PKM-PM Faperta Untad Lolos sebagai Awardee Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Tahun 2023

  • Post author:

Mengangkat judul program “Budidaya Melon Berbasis Hidroponik Sistem Dutch Bucket Sebagai Solusi Peningkatan Ekonomi Keluarga Kelompok PKK Desa Soulowe”, tim PKM-PM Fakultas Pertanian (Faperta) Untad berhasil lolos untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun 2023.

Tim Faperta tersebut terdiri atas ;

  1. Rian Rifandi (Agroteknologi 20)
  2. Nur Syfa Husni Andika (Agroteknologi 20)
  3. Nurlatifah (Agroteknologi 20)
  4. Illah Nabillah (Agroteknologi 20)
  5. Al-Riski Lagala (Agribisnis 2021)

Kelompok yang didampingi oleh Prof.Dr. Ramal Yusuf M.Sc tersebut menuturkan proses seleksi mereka hingga terpilih dalam ajang berskala nasional PIMNAS 2023.

“ awalnya tim kami melakukan submit proposal ke Belmawa Dikti dengan 2 (dua) proses seleksi meliputi seleksi administrasi dan subtansi. Kemudian pada tanggal 16 Juni, tim kami pun dinyatakan lolos setalah melalui 2 seleksi tersebut dan mendapatkan pendanaan untuk menjalankan program,” ujar Rian Rifandi.

Rian melanjutkan bahwa setelah melalui proses yang cukup Panjang, tim mereka kemudian melakukan Presentasi PKP2 pada tanggal 18 Oktober 2023 lalu.

“ Presentasi PKP2 merupakan salah satu aspek penilaian agar tim kami berhasil untuk menuju PIMNAS. Pada 7 November lalu, tim kami kemudian dinyatakan lolos ke tahap PIMNAS berdasarkan surat edaran Dikti.” tambahnya.

Kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan rangkaian dari tahapan evaluasi proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), dan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) tahun 2023 secara daring. PIMNAS merupakan event resmi tahunan Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional. Event ini merupakan salah satu penjabaran dari program Pusat Prestasi Nasional untuk menciptakan iklim akademis yang kompetitif di kalangan mahasiswa Indonesia. PIMNAS sebagai forum pertemuan ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa, diikuti oleh mahasiswa atau kelompok tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Rencananya, tim PKM-PM Untad akan mengikuti kegiatan PIMNAS pada tanggal 26 November – 2 Desember 2023 mendatang Di Universitas Padjadjaran Bandung Jawa Barat. AA