Sulteng Lepas 46 Kontingen Atlet Menuju POMNAS XVIII Asal Untad & Tiga Perguruan Tinggi Lainnya

  • Post author:

Sebanyak 46 Atlet asal Sulawesi Tengah akan mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIIi di Kalimantan Selatan pada 12-22 November 2023 mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Humaedi, S.Pd., M.Pd., AIFO selaku Ketua Kontingen Sulteng pada “Pelepasan Kontingen Atlet Sulteng pada POMNAS XVIII – Kalimantan Selatan” pada Kamis (09/11/2023) siang di Aula Fak. Kedokteran Untad.

“ 46 atlet ini akan terbagi ke dalam 9 cabang olahraga (cabor), dari 16 cabang olahraga yang dipertandingkan pada POMNAS kali ini. Adapun rincian atlet yang diikutkan, masing-masing berasal dari Universitas Tadulako sebanyak 41 atlet, Universitas Muhamadiyah Palu 1 atlet, Universitas Al-Khairaat sebanyak 2 atlet dan Uni Terbuka 2 atlet. Jumlah cabor yang diikuti oleh kontingen Sulteng telah meningkat jika dibandingkan dengan POMNAS sebelumnya, yakni dari 7 cabor menjadi 9 cabor,” jelas Dr. Humaedi.

Dr. Ir. Sagaf, MP selaku Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan sekaligus Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Sulteng menuturkan bahwa Kontingen Sulteng pada POMNAS kali ini, sebagian besar merupakan utusan dari Sulteng menuju Pekan Olahraga Nasional (PON).

“ Seleksi kepada atlet-atlet kita dilakukan secara ketat, baik portofolio, kemampuan fisik, serta kemampuan tehnik dari masing-masing atlet, sehingga terjaring 46 atlet. Semoga para atlet ini bisa menampilkan penampilan maksimal, serta mengharumkan nama Provinsi Sulteng di kancah nasional,” ujar Dr. Sagaf.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT.,IPU.,ASEAN Eng selaku Rektor menuturkan bahwa Untad berkomitmen mempersiapkan sarana dan prasarana olahraga untuk mendukung pengembangan minat dan bakat mahasiswa, khususnya dalam bidang keolahragaan kedepannya.

“ Harapannya kolaborasi antara pemerintah daerah dan perguruan tinggi, dalam pengembangan minat dan bakat di bidang keolahragaan di Sulteng dapat segera kita realisasikan. Kemudian kami ucapkan selamat kepada seluruh atlet yang akan berangkat menuju perhelatan POMNAS mendatang. Persiapkan diri dengan semaksimal mungkin, tingkatkan kedisiplinan serta semangat sportivitas kalian,” ujar Prof. Amar.

Dikesempatan yang sama, Edison Ardiles selaku Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulteng memberikan semangat bagi para atlet kontingen Sulteng agar mampu meraih hasil maksimal pada POMNAS kali ini.

Diakhir, Gubernur Sulteng diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah Drs. Irvan Aryanto, M.Si mengatakan, atas nama Pemprov Sulteng, pihaknya menyampaikan apresiasi atas keikutsertaan kontingen Sulteng pada POMNAS kali ini.

“Saya berharap, kehadiran kontingen Sulteng bukan hanya sebagai pemanis di POMNAS kali ini. Ada dua prinsip yang harus dipegang yakni disiplin dan percaya diri, untuk meraih prestasi terbaik,” ujarnya.

Usai sambutan-sambutan, acara kemudian ditutup dengan penyerahan secara simbolis bendera bagi para atlet dan ditutup dengan sesi foto bersama. AA