Mahasiswa FEB Untad Raih Juara I Orienteering Tingkat Nasional

  • Post author:

Rivaldi, mahasiswa  Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tadulako Prodi Akuntansi Sektor Publik (DIV) meraih juara 1 pada kejuaraan Orienteering tingkat nasional yang di gelar di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) pada Tanggal 20 sampai 23 September 2023. Orienteering merupakan olahraga menemukan sejumlah lokasi di medan sebenarnya dengan menggunakan peta dan kompas, titik – titik lokasi dalam orienteering disebut titik kontrol. Peserta orienteering disebut orienteer. Seorang Orienteer diharuskan memiliki kemampuan navigasi yang baik untuk menemukan rute terbaik dari lokasi start, menuju ke titik – titik kontrol, dan berakhir di lokasi finish. Inilah keunikan dari olahraga orienteering, seorang peserta harus bisa menemukan rute terbaik untuk menuju titik kontrol dengan cepat.

Dalam kejuaran tersebut terdapat 4 kategori antara lain Labirin, Sprint, Middle dan Long. Rivaldi berada di kategori Middle yaitu lari dengan jarak menengah sekitar 5 sampai 7 Kilometer dan berhasil meraih juara 1. Berkat prestasinya tersebut, Rivaldi memperoleh reward berupa uang tunai dan sertifikat.

“Selain itu prodi juga memberikan hadiah berupa uang tunai dan akan merekognisi menjadi tugas akhir” tuturnya.

Rivaldi berharap setiap mahasiswa mengasah bakat yang mereka miliki dibidang apapun agar terus agar bisa meraih prestasi yang membanggakan.

Sebelumnya, mahasiswa Angkatan 2020 ini juga sudah pernah mengikuti lomba Orienteering  dalam kejuaraan Festival Olahraga Mahasiswa Nasional (Fornas) yang diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat dan meraih juara 1 dan 3 dalam kategori yang berbeda.

“Selanjutnya saya akan mengikuti Kejuaraan Nasional dan seleksi ke Hongkong” ujar Rivaldi di akhir wawancara. (MM)