Wisuda Untad Angkatan 119 Lahirkan 1.522 Alumni

  • Post author:

Bertempat di Auditorium Untad, Wisuda ke -119 digelar pada Kamis (21/09/2023) pagi yang diikuti peserta sebanyak 1.522 wisudawan. Adapun rincian jumlah wisudawan yakni program Pascasarjana 28 orang dan S1 sebanyak 1.494 orang. Wisudawan program sarjana didominasi asal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 284 orang disusul Fakultas Ekonomi dan Bisnis 225 orang.

Selanjutnya Fakultas Kedokteran 18 orang, Fakultas Teknik 163 orang, Fakultas Hukum 177 orang, Fakultas Matematika dan llmu Pengetahuan Alam 120 orang, Fakultas Kehutanan 54 orang, Fakultas Pertanian 103 orang, Fakultas Kesehatan Masyarakat 54 orang, Fakultas Peternakan dan Perikanan 100 orang, serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 196 orang.

Dalam sambutan almamaternya “Peran Perguruan Tinggi dalam Menciptakan Kesempatan di Revolusi 4.0 dan Menghadapi Smart Society 5.0”, Prof. Dr. Ir. Amar ST.,MT.,IPU.,ASEAN Eng selaku Rektor menuturkan bahwa dalam 10 tahun terakhir, Untad telah meluluskan 62.823 mahasiswa dari berbagai jenjang D3, S1, S2 dan S3.

“ Kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang hari ini menyandang gelar sarjana, gelar magister maupun gelar doktor, kami berpesan “create your own future because it’s in yourhand” tatalah masa depan, ciptakan kesempatan dan buatlah perubahan yang lebih baik dan maju. Persiapkan keterampilan untuk menghadapi smart society 5.0 dengan kemampuan leadership yang baik, social skill yang luas, creativity tanpa batas, intiative tiada henti, media literacy yang mendunia, criticalt hinking yang terarah, information literacy yang akurat, technology literacy yang detail, flexibility yang baik, serta bangun productivity, communication & collaboration dengan para mitra dan masyarakat. Jadilah versi terbaik untuk memenangkan kompetisidi era smart society 5.0.

Jadilah insan Tadulako pencipta kesempatan dalam menghadapi krisis negeri. Kalian adalah agen-agen pencipta kesempatan yang akan membawa perubahan bagi negeri ini. Sekecil apapun kesempatan yang kalian ciptakan Insya Allah bisa membawa perubahan besar bagi kehidupan di masyarakat. Dharma bakti kalian dinantikan oleh keluarga, teman,handaitaulan, masyarakat dan bangsa ini. Sekali lagi selamat dan terima kasih telah berjuang bersama, demi mewujudkan janji negara mencerdaskan kehidupan bangsa,” papar Prof. Amar.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Farid Rifai Yotolembah, S.Sos., M.Si selaku Staf Ahli Gubernur Sulawesi Tengah Bidang Ekonomi dan Pembagunan, menyampaikan apresiasi kepada pihak Untad yang telah melahirkan generasi-generasi baru yang siap memajukan daerah provinsi Sulawesi Tengah.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Universitas Tadulako yang meluluskan Sarjana dan Pascasarjana sebanyak 1.522 orang. Inilah generasi-generasi intelektual yang gilirannya menjadi akselerator penting dalam gerak cepat membangun Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju,” ucap Dr. Farid saat mewakili sambutan Gubernur Sulawesi Tengah.

Pada kesempatan itu, pihaknya menyerukan kepada para lulusan agar benar-benar mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh selama mengenyam pendidikan di Universitas Tadulako.

Ia juga berharap, semakin banyak lagi kontribusi yang diberikan oleh para lulusan Universitas Tadulako dalam upaya melaksanakan pembangunan daerah.

“Gunakan pengetahuan anda untuk membuat perbedaan, berkontribusi pada masyarakat dan terus tumbuh sebagai individu yang berdaya saing,” imbuhnya.
“Semoga alumni Universitas Tadulako yang diwisuda hari ini dapat mengamalkan ilmunya dengan baik di lapangan, dan menjadi tenaga penggerak yang menginspirasi dan memajukan pembangunan Sulawesi Tengah dalam bingkai visi misi Gerak Cepat Membangun Sulawesi Tengah Yang Lebih Sejahtera dan Lebih Maju,” pungkasnya.

Usai sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan wisudawan terbaik angkatan 114 dari berbagai kategori oleh Dr. Eng. Ir. Andi Rusdin, S.T., M.T., M.Sc selaku Wakil Rektor Bidang Akademik diantaranya ;

Wisudawan Terbaik Tingkat S3 Doktoral : I Wayan Sulendre/ Ilmu Pertanian/ 2 Tahun / 8 Bulan / 25 Hari / IPK 4,00
Wisudawan Terbaik Tingkat S2 Magister : Aulia Rachmania Oryza Zativa / Pendidikan Bahasa Inggris / 1 Tahun / 9 Bulan / 27 Hari / IPK 4.00
Wisudawan Terbaik Tingkat Universitas : Andi Astryda Theresya Tonengan / Ekonomi dan Bisnis – Akuntansi/ 3 Tahun / 6 Bulan / 30 Hari/ IPK 3, 97
Wisudawan Terbaik Profesi Dokter : Desak Sagita / Profesi Dokter/ 2 Tahun 6 Bulan 13 Hari/ IPK 3,96

Wisudawan Terbaik Tingkat S1 :
– Olga Ompi Trisjayatika Tosima/ FKIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia / 3 Tahun / 9 Bulan / 9 Hari / IPK 3,93
– Andi Astryda Theresya Tonengan / Ekonomi dan Bisnis – Akuntansi/ 3 Tahun / 6 Bulan / 30 Hari / IPK 3, 97
– Vicky Herdiansyah Adri / Teknik Informatika/ 3 Tahun / 10 Bulan / 5 Hari / IPK 3,85
– Rahmania Febrianti/ Pendidikan Dokter/ 3 Tahun / 5 Bulan / 22 Hari / IPK 3,56
– Ni Komang Wirawathi / FISIP / Antropologi / 3 Tahun / 10 Bulan / 25 Hari/ IPK 3,96
– Ni Luh Atania Sridevi / Ilmu Hukum/ 3 Tahun / 10 Bulan / 5 Hari/ IPK 3, 84
– Farida/ Pertanian / Agroteknologi / 3 Tahun / 10 Bulan / 26 Hari / IPK 3, 93
– Rahmatillah/ MIPA / Biologi / 3 Tahun / 10 Bulan / 21 Hari / IPK 3,90
– Karma Sidiyanto/ Kehutanan/ 3 Tahun 10 Bulan/ 2 Hari/ IPK 3,85
– Nurul Fitri Amalia / Peternakan/ 3 Tahun / 5 Bulan / 27 Hari / IPK 3,84
– Firmansyah Arifin / Kesehatan Masyarakat/ 3 Tahun 10 Bulan 6 Hari/ IPK 3, 95

Wisudawan Terbaik Tingkat D3 :
Yudhiasta Reyhan Novriansyah / D3 Teknik Sipil/ 2 Tahun 11 Bulan / IPK 3,49

Momen selengkapnya dapat dilihat disini. AA