Untad Terima Sebanyak 2308 Mahasiswa Baru Lewat Jalur SMMPTN Tahun 2023

  • Post author:

Jelang pelaksanaan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Tahun 2023, Universitas Tadulako (Untad) menggelar Konferensi Pers terkait hal tersebut pada Kamis (15/06) bertempat di rektorat Untad. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Eng. Andi Rusdin, S.T,.M.T.,M.Sc, Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP), Dr. Ir. Munari, S.H, S.T, MM, Koordinator Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru Untad, Dr. Yutdam, S. Si, M. Si, Koordinator Humas, Drs.Samsumarlin, M.Si dan Sub koordinator Humas,  Husniati, S. Sos, M. AP serta Kepala UPT TIK Untad. Dr. Anita, S. Kom., M. CS.

Dalam penyampaiannya di hadapan awak media, Dr. Eng. Andi Rusdin, S.T,.M.T.,M.Sc selaku warek Bidak mengatakan bahwa  pada tahun 2023, Untad akan menerima sebanyak 2308 mahasiswa atau setara dengan 30% dari total kuota penerimaan mahasiswa baru Untad. Kuota tersebut secara proporsional terbagi untuk 59 program studi tingkat Sarjana dan Diploma yang tersedia di Untad. Adapun pelaksanaan ujian ini akan menggunakan sistem Computer-Based Test (CBT) seperti pada saat UTBK-SNBT.

“ Kriteria kelulusan dalam jalur SMMPTN di Universitas Tadulako akan ditetapkan berdasarkan nilai akademik hasil ujian yang dicapai oleh calon peserta. Selain itu, universitas juga akan memberikan perhatian khusus pada keluarga dengan kondisi keuangan yang kurang mampu dengan mengalokasikan kuota kelulusan sebesar 20% di setiap program studi. Namun, tetap akan ada pertimbangan kelulusan berdasarkan prestasi ujian yang telah dicapai oleh calon peserta itu. Dengan demikian, Universitas Tadulako berkomitmen untuk menciptakan kesempatan yang adil bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan tinggi dan meraih kesuksesan akademik” terang Warek Bidak

Seleksi SMMPTN ini nantinya akan menggunakan jenis soal tes potensi skolastik yang mencakup tiga subtes, yaitu literasi Bahasa Indonesia, literasi Bahasa Inggris, dan literasi Matematika. Dalam pengaturan materi UTBK, penekanannya lebih pada penggunaan logika penalaran daripada hanya bergantung pada mata pelajaran yang biasanya diajarkan di tingkat SMA/SMK/MA.

“Meskipun demikian, tes ini tetap memberikan gambaran kemampuan peserta dalam menghadapi studi di perguruan tinggi. Universitas Tadulako menerapkan pendekatan yang lebih holistik dalam mengevaluasi potensi dan keterampilan peserta, dengan tujuan mencari calon mahasiswa yang memiliki kemampuan penalaran yang kuat dan mampu sukses dalam lingkungan perkuliahan. Tes potensi skolastik ini didesain untuk mencerminkan kemampuan intelektual peserta serta mengukur kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan akademik di tingkat perguruan tinggi.

Terkait teknis pendaftaran dan pelaksanaan ujian Dr. Yutdam, S. Si, M. Si menjelaskan  bahwa peserta akan mendaftar melalui platform online yang disediakan oleh universitas tersebut. Selama proses ini, calon peserta diharapkan mengisi formulir pendaftaran dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan serta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,- di Bank Nasional Indonesia (BNI) terdekat. Setelah pembayaran dilakukan, calon peserta dapat mencetak kartu Peserta Ujian SMMPTN Universitas Tadulako 2023.

“Setelah proses cetak kartu peserta, para peserta ujian akan mendapatkan akses ke informasi penting seperti ruangan, jadwal sesi, dan waktu ujian masing-masing, yang tercantum dalam kartu mereka. Pelaksanaan ujian ini menggunakan metode Computer-Based Testing (CBT) dengan menggunakan 300 komputer yang tersedia di Gedung Media Center Universitas Tadulako, panitia telah menetapkan jadwal ujian dengan tiga sesi setiap harinya, kecuali pada hari Jumat yang hanya memiliki dua sesi. Tidak akan ada pelaksanaan ujian seleksi pada hari Minggu dan hari libur nasional. Sesi pagi dimulai pada pukul 7.30 WITA hingga 10.00 WITA, sesi siang berlangsung dari pukul 11.00 WITA hingga 13.30 WITA, dan sesi sore dilaksanakan dari pukul 14.30 WITA hingga 17.00 WITA” jelas Dr Yutdam.

Menurut rencana, Untad akan membuka pendaftaran calon peserta Ujian melalui jalur SMMPTN secara online di https://smmptn.untad.ac.id/ pada 17 Juni 2023 dan akan berlangsung hingga tanggal 5 Juli 2023 sementara pelaksanaan ujian SMMPTN dijadwalkan berlangsung mulai dari tanggal 13 hingga 25 Juli 2023. Adapun pengumuman hasil ujian SMMPTN dijadwalkan akan dilakukan pada tanggal 31 Juli 2023 melalui akun masing-masing peserta. Oleh karena itu, diharapkan para peserta yang telah mendaftar untuk secara rutin memeriksa akun pribadi mereka. Informasi resmi mengenai penerimaan mahasiswa baru hanya akan diakses melalui situs resmi Universitas Tadulako di https://untad.ac.id/ atau melalui akun peserta ujian resmi yang disediakan oleh panitia di https://smmptn.untad.ac.id.