LPPM Untad Gelar Pembekalan KKN Mahasiswa Angkatan 98 Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022

  • Post author:

Dalam rangka pembekalan Mahasiswa untuk pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN), LPPM Untad pada Rabu (23/02/2022) Pagi menggelar Pembekalan Mahasiswa KKN dengan mengangkat tema “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal di Masa Pamdemi – Angkatan 98 Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022” yang berkolaborasi dengan Pemkot Palu.

Dalam laporannya, Rosdian, SH., MH selaku Ketua Panitia acara menyampaikan jumlah total mahasiswa yang mengikuti KKN serta lokasi penyebaran Mahasiswa KKN.

“ KKN angkatan 98 kali ini mengangkat tema ‘pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal dimasa pandemi’ tahun 2021/2022 yang dilaksanakan per posko dan dapat diakses di link sipermata untad. Sebanyak 885 Mahasiswa akan tersebar di 8 kecamatan di 27 kelurahan sebanyak 720 orang. Kemudian di 8 kabupaten sebanyak 183 org dan di Donggala sebanyak 76 orang. Terkait Rekapitulasi berdasarkan fakultas, Fakultas Teknik menjadi fakultas dengan jumlah KKN terbanyak sebanyak 175 org dan PSDKU sebanyak 11 orang.” Papar Ibu Rosdian.

Dikesempatan yang sama, Dr. Ir H. Ramlan, MP selaku Ketua LPPM Untad menuturkan bahwa ide KKN Adipura telah didiskusikan sebelumnya dan berharap dapat terus berlanjut kedepannya.

“ KKN Adipura telah dibahas sebelumnya bersama Pak Walikota beberapa waktu yang lalu. Kegiatan ini kami jaga dengan protokol covid dan kami juga menghimbau kepada mahasiswa agar saat turun KKN nanti tetap menjaga protokol covid dengan seksama. Selain itu, para mahasiswa KKN nantinya akan didampingi oleh tim PEREMPUAN Adipura selama mahasiswa melakukan aktivitasnya. Kami berharap agar kegiatan kolaborasi bersama walikota ini dapat terus berlanjut.” Ujar Dr. Ramlan.

Pada kesempatan lainnya, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor menyampaikan bahwa pencapaian Adipura membutuhkan sinergi bersama antara masyarakat, perguruan tinggi dan pemerintah.

“ Penyelenggaraan KKN kali ini menjadi istimewa karena mulai di tahun ini, aktivitas KKN Untad telah berkolaborasi dengan Walikota Palu dalam rangka meraih Adipura untuk Kota Palu yang merupakan cita – cita kita bersama. Kami dari pihak Untad menyambut baik kolaborasi ini mengingat untuk mencapai Adipura membutuhkan usaha bersama. Kehadiran Walikota saat ini menunjukan komitmen dan harapan besar kepada Untad agar menjadi partner yang bersinergi dengan maksimal untuk mewujudkan Kota Palu meraih Kota Adipura.” Ucap Prof. Mahfudz, MP.
Usai sambutan, Hadianto Rasyid, S.E selaku Walikota Palu memberikan materi dan turut mengapresiasi keterlibatan Mahasiswa KKN Untad untuk percepatan program Adipura di Kota Palu.

 

“ Ada beberapa faktor sebuah kota di anugerahi Adipura seperti kebersihannya, luas Ruang Terbuka Hijaunya, ketertiban dll yang apabila terpenuhi, maka layak mendapatkan Adipura. Adipura sebenarnya menjadi motivasi untuk semua daerah agar menjadi derah yang layak dari sisi kebersihan, RTH dan ketertibannya. Adipura saat ini menjadi tagline utama Kota Palu agar seluruh bagian masyarakat terpacu untuk mencapai hal itu. Inisiasi kerjasama antara Program Adipura dengan Untad sebenarnya masuk sebagai bentuk pola kemitraan yang ada di dalam SDG’s (Sustainable Development Goals). Sehingga Kami sangat mengapresiasi perrcepatan program Adipura yang melibatkan sebanyak 720 Mahasiswa KKN.” Papar Hadianto Rasyid dalam materinya.

Usai pemaparan materi oleh Walikota Palu, acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dan ditutup dengan foto bersama. AA