November 18, 2017

Menristekdikti Tinjau Pelaksanaan SBMPTN 2017 di Universitas Tadulako

Menristekdikti Tinjau Pelaksanaan SBMPTN 2017 di Universitas Tadulako

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Prof H Mohamad Nasir MSi Ak PhD CA meninjau langsung pelaksanaan ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 di Universitas Tadulako (Untad).

Dalam kegiatan itu, Menristekdikti didampingi oleh Dirjen Belmawa, Prof Intan Ahmad PhD; Ketua SNMPTN-SBMPTN 2017, Prof Dr Ravik Karsidi MS; Rektor Untad, Prof Dr Ir H Muh Basir Cyio SE MS; Ketua Pokja SBMPTN, Prof Budi; serta para pejabat di lingkungan Untad.

 

Menristekdikti, Prof H Moh Nasir MSi Ak PhD CA, saat melakukan konferensi pers di Ruang Senat, Lantai III Rektorat Untad, usai melakukan peninjauan pelaksanaan SBMPTN 2017 (Foto Taqyuddin Bakri)

 

Prof Nasir, dalam konferensi pers di Ruang Senat Untad, Lantai III Gedung Rektorat, usai meninjau pelaksanaan SBMPTN menyampaikan bahwa pelaksanaan SBMPTN 2017 diikuti oleh 797.738 peserta. Jumlah peserta itu terdiri atas peserta yang mengikuti paper based test (PBT) sebanyak 776.878 peserta, dan computer based test (CBT) dengan jumlah 20.860 peserta.

“Jumlah itu akan memperebutkan 128.085 kursi di seluruh perguruan tinggi negeri. Selain itu pula, ada 263 orang peserta yang berkebutuhan khusus. Mereka ini kami layani dengan baik, dan dilakukan pendampingan bila diperlukan,” ujar Prof Nasir.

Menristekdikti juga menyampaikan bahwa penyelenggaraan SBMPTN di Panitia Lokal (panlok) 83 Untad berlangsung dengan baik. Ini dipastikan setelah Prof Nasir, Ketua SBMPTN, Rektor Untad, dan rombongan memantau pelaksanaan SBMPTN di Untad.

“Alhamdulillah, pelaksanaan SBMPTN berlangsung baik. Meskipun begitu ada beberapa kursi kosong. Ini bukan karena ada masalah, namun bisa terjadi karena dua kemungkinan. Mungkin saja ada yang sudah terlanjur mendaftar, tetapi lulus SNMPTN. Bisa juga karena program studi yang dipilih tidak sesuai, sehingga mendaftar kembali dengan yang diminati. Secara umum, saya sudah mendapatkan laporan langsung bahwa pelaksanaan SBMPTN se-Indonesia berlangsung dengan baik,” jelas Prof Nasir.

Menristekdikti bersama Dirjen Belmawa, Rektor Untad, dan Ketua Panitia Pusat SNMPTN-SBMPTN 2017 saat meninjau pelaksanaan ujian tulis SBMPTN di Universitas Tadulako (Foto Taqyuddin Bakri)

 

Menristekdikti juga menambahkan bahwa pelaksanaan CBT di Untad juga berlangsung baik. Ini menandakan bahwa sistem yang dibangun telah diterapkan dengan baik.

“Demikian pula dengan CBT di seluruh Indonesia. Secara khusus saya berterima kasih kepada Pak Rektor Untad, Ketua Panitia Lokal, dan seluruh panitia SBMPTN di Untad atas kerja kerasnya dalam mempersiapkan pelaksanaan SBMPTN ini sehingga berlangsung dengan lancar,” kata Prof Nasir.

Sementara itu, Rektor Untad, Prof Basir Cyio menyampaikan bahwa Menristekdikti, usai mendampingi Presiden RI dalam kegiatan PMII, langsung menuju Untad untuk peninjauan pelaksanaan SBMPTN. Menristekdikti bersama rombongan telah mengunjungi beberapa lokasi dalam lingkungan Untad dan satu lokasi di luar Untad, yaitu SMA Negeri Olahraga.

“Kami tentu saja amat berterima kasih kepada Bapak Menristekdikti, Bapak Dirjen Belmawa, Bapak Ketua Panitia Pusat SN-SBMPTN, dan rombongan yang menetapkan Untad sebagai tujuan peninjauan tahun ini,” jelas Prof Basir Cyio. (tq)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No Right Klik and Copy!!