Bawaslu RI Sambangi Universitas Tadulako Pada Program Bawaslu Ngampus 2024

Pada hari Senin (02/09/2024) Universitas Tadulako menjadi Tuan Rumah kegiatan Bawaslu Ngampus 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Terlaksana di Gedung Aula Baru Fakultas Kedokteran Untad, agenda tersebut mengangkat tema “Meningkatkan Peran Partisipasi Mahasiswa dalam Pengawasan Pemilihan Serentak Tahun 2024” dihadiri civitas akademika di lingkungan Universitas Tadulako serta mahasiswa.

Dewi Tisnawaty, SH., MH Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah dalam sambutannya menuturkan betapa pentingnya peran mahasiswa terlibat aktif dalam proses pengawasan pemilu maupun pemilihan kepala daerah.

“Mahasiswa sebagai agent of change sebagai agen perubahan yang tentunya kita sangat berharap melalui kontrol dari mahasiswa itu bisa membawa perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik, mahasiswa sebagai kontrol harus bisa mengawasi juga harus bisa mengontrol seluruh kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dengan harapan akan menuju ke arah yang lebih baik,”tuturnya.

Selanjutnya, Ibu Dewi juga menyampaikan ajakan untuk mengawasi seluruh proses-proses yang dilaksanakan oleh KPU beserta jajarannya sampai menjelang tanggal 27 November 2024 mendatang.

“Saya kira yang tidak kalah pentingnya terakhir saya ingin menyampaikan bahwa peran Bawaslu dalam melakukan proses pengawasan terhadap seluruh tahapan yang dilaksanakan oleh KPU dan jajarannya sangat kami butuhkan, karena dengan demikian pemilihan gubernur dan wakil gubernur secara serentak di tanggal 27 November 2024 nanti pasti akan terkawal dengan baik dan tentunya kita berharap bahwa pemilihan itu berlangsung secara jujur adil dan bermartabat,”tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Sambutan Rektor Universitas Tadulako yang diwakili langsung oleh Wakil Rektor Bidang Perencaan dan Kerjasama Untad Dr.sc.agr. Aiyen, M.Sc mengingatkan kepada mahasiswa agar mengambil peran sebagai agen perubahan.

“Mahasiswa hendaknya memahami dan menjalankan peran penting mereka sebagai agent of change, terutama dalam konteks institusi kita yang kini telah terakreditasi unggul,”imbuhnya.

Pada kegiatan ini, juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Tadulako dan Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah. Acara tersebut dilanjutkan dengan talkshow yang menghadirkan beberapa narasumber, yaitu Naharuddin dari perwakilan Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah, Jojo Rohi selaku pegiat Pemilu, serta Leli Tibaka, SH., MH., dosen dari Fakultas Hukum Universitas Tadulako. ST