Dorong Pembayaran Digital Di Kalangan Milenial, Bank Indonesia Gelar Acara BINGO Di Untad

  • Post author:

Untuk mengedukasi masyarakat terkait peran, tugas dan fungsi serta kebijakan Bank Indonesia (BI) khususnya dalam sistem pembayaran digital, BI pada Senin (01/08/2022) pagi menggelar event bertajuk “Bank Indonesia Ngobrol Dengan Komunitas (BINGO)” bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Untad.

Dalam kegiatan yang mengangkat tema “Kegiatan Sosial Semakin Maksimal Dengan Pembayaran Digital” ini, sedikitnya ratusan mahasiswa se Sulteng turut terlibat menjadi peserta. Sesuai dengan temanya, BINGO kali ini membahas tentang pembayaran digital khususnya menggunakan Quick Response Code Indonesia Standart (QRIS) yang merupakan sistem pembayaran digital resmi yang diterbitkan oelh BI.

Kepala Perwakilan BI Sulteng, Dwiyanto Cahyo Sumirat dalam sambutanya menyampaikan rasa sykurnya karena kegiatan rutin BI itu akhirnya bisa dilaksanakan di Sulteng khususnya di Kota Palu. Sebab kata dia dalam kurun waktu satu tahun ini hanya ada 3 kegiatan BINGO yang akan dilaksanakan BI dan salah satunya di Sulteng.

“Kita bisa melihat wajah mahasiswa adek-adek kita, inilah wajah masa depan kita. Pagi hari ini kita akan membawa adek-adek ini ke masa depan, terkait bagaimana bertransaksi digital di masa depan dan juga kita akan sharing disini juga,” ungkap Dwiyanto.

Dikesempatan yang sama, Deputi Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Elly Tjan mengungkapkan BINGO merupakan salah satu rangkaian dalam rangka memeriahkan presidensi G-20 Indonesia. Selian itu tambah Elly BINGO menjadi sarana yang digunakan BI untuk mensosialisasikan kebijakan dari BI. “Salah satunya QRIS yakni transaksi digital. Dan kalau adek-adek perhatikan kita punya slogan disitu, yaitu Cepat, Mudah, Murah, Aman dan Handal (Cemumuah),” Ujar Elly Tjan.

Secara langsung, Elly juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat BI akan membuka rekrutmen pegawai BI. Untuk itu, dia berharap agar mahasiswa di Sulteng yang sudah menyelesaikan S1 nya bis ikut serta menjadi bagian dari BI.

Sementara itu Rektor Untad, Prof Dr Ir Mahfudz MP mengatakan sebagai penguruan tinggi di Sulteng berharap dengan adanya kegiatan BINGO itu bisa membekali mahasiswa untuk kedepan bisa menjadi generasi starup. Dia juga mengapresiasi BI Sulteng yang telah bekerjasama dengan Untad khususnya Fakultas Ekonomi.

“Terima kasih sudah menerima kami sebagai mitra, baik itu penelitian maupun pengabdian. Mudah – mudahan kedepan bisa lebih ditingkatkan lagi,” ujar Prof. Mahfudz.

Usai sambutan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan talk show yang menghadirkan Analisis Yunior Implementasi Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran Kpw BI Sulteng, Reimas Anigrah, CEO Menantea dan President Director Mantappu Corp, Jehian PS dan GenBI Sulteng, Raiyan Dg. Parani kemudian ditutup dengan penampilan Standup Comedy dari Ichal Kate. AA