Untad Umumkan Pembukaan Pendaftaran Mahasiswa Baru Melalui Seleksi Mandiri

Universitas Tadulako telah membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri, dengan masa pendaftaran berlangsung dari 14 Juni sampai 2 Juli. Informasi ini disampaikan oleh Wakil Rektor Untad bidang Akademik, Dr. Eng. Ir. Andi Rusdin, S.T., M.T., M.Sc, dalam konferensi pers yang digelar pada Kamis, 20 Juni 2024, di Gedung Rektorat Untad. Turut hadir dalam acara tersebut adalah Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) Untad, Dr. Ir. Munari, ST., MT., MM, Kepala UPA TIK Untad, Dr. Anita Ahmad Kasim, S.Kom., M.Cs, serta Koordinator Pelaksanaan UTBK Seleksi Mandiri, Yutdam Mudin, S.Si., M.Si serta beberapa media.

Dr. Andi Rusdin menjelaskan bahwa pendaftaran jalur Seleksi Mandiri Untad dibuka untuk program vokasi D-III, D-IV atau Sarjana Terapan, serta program S-1. Terdapat sekitar 62 program studi yang tersedia untuk jalur ini. Pendaftaran ditujukan bagi lulusan SMA angkatan 2022, 2023, dan 2024.

“Calon mahasiswa yang telah lulus penerimaan jalur SNBT dan telah melakukan registrasi ulang, tidak dapat mendaftar jalur Seleksi Mandiri,” tegas Dr. Andi Rusdin.

Total kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri adalah 2563 mahasiswa, yang bisa bertambah jika ada calon mahasiswa yang lulus di SNBT namun tidak melakukan registrasi ulang.

“Jumlah kuota akan dialihkan ke Seleksi Mandiri jika ada calon mahasiswa yang tidak melakukan registrasi ulang,” tambahnya.

Pelaksanaan ujian Seleksi Mandiri akan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT), seperti pelaksanaan UTBK-SNBT, dan dijadwalkan berlangsung pada 8 sampai 13 Juli. Jumlah hari pelaksanaan ujian dapat bertambah sesuai dengan jumlah peserta yang mendaftar. Pendaftaran jalur Seleksi Mandiri Untad dapat dilakukan melalui laman pmb.untad.ac.id, dengan biaya pendaftaran sebesar Rp250.000 yang dibayarkan melalui BNI.

Pengumuman hasil Seleksi Mandiri akan dilakukan pada 22 Juli pukul 15.00 WITA. Selain jalur reguler, Dr. Andi Rusdin menyampaikan bahwa Untad juga membuka jalur afirmasi dengan kuota sekitar 30 persen dari total daya tampung Seleksi Mandiri. Beberapa jalur afirmasi yang tersedia antara lain afirmasi prasejahtera, afirmasi keluarga civitas akademika Untad, afirmasi prestasi, afirmasi Ketua OSIS, afirmasi penyandang disabilitas, afirmasi putra putri guru, dan afirmasi kemitraan.