MAPALA Pawana FMIPA Untad Gelar Aksi Bersih & Pilah Sampah Plastik

  • Post author:

Mahasiswa Pecinta Alam (MAPALA) Pawana Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Tadulako menggelar “Aksi Bersih” pada tanggal 4 Mei 2024 berlokasi di area FMIPA Untad. 

Aksi tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Lif. Sc. I Nengah Suwastika, M.Sc., M.Lif.Sc, serta Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Apt. Syariful Anam, S.Si, M.Si., Ph.D bersama dengan mahasiswa dari berbagai jurusan di Fakultas MIPA. Pembukaan resmi dilakukan oleh Dekan Fakultas MIPA, Dr. Lufsyi Mahmudin, M.Si.

Dalam sambutannya, Ketua Umum yang diwakili oleh Sekretaris Lina Aulia menekankan tema “Human vs Trash” sebagai bentuk penghormatan terhadap Hari Bumi pada 22 April. Tujuan utama adalah mengajak seluruh sivitas akademika untuk bersatu melawan masalah sampah, terutama sampah plastik, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan.

Risal Setiawan, sebagai Koordinator Lapangan, menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya terbatas pada pembersihan, tetapi juga mencakup audit sampah plastik. Hasil audit menunjukkan angka yang memprihatinkan, dengan total 1.689 sampah plastik terkumpul. Jenis sampah tersebut meliputi kantong kresek (508 buah), kemasan makanan (452 buah), dan kemasan minuman (729 buah).

“Aksi Bersih” ini merupakan langkah konkret dalam mendukung gerakan global untuk mengurangi dampak negatif sampah plastik terhadap lingkungan. Diharapkan, kesadaran yang muncul dari kegiatan ini dapat memotivasi seluruh sivitas akademika Fakultas MIPA untuk mengambil langkah nyata dalam menjaga kelestarian bumi. Aksi ini didorong untuk dapat terus dilakukan dan mendapatkan dukungan yang lebih luas dari berbagai pihak. AA