MBKM Untad Holds Release & Farewell to Independent Student Exchange (PMM) III Inbound 2023

  • Post author:

Pada Sabtu (23/12/2023) pagi, acara Pelepasan dan Perpisahan Program Mahasiswa Merdeka (PMM) III Inbound Untad digelar dengan tema “ Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya” bertempat di Helsinki Hotel Palu.

Dalam laporannya, Prof. Drs. Anang WM Diah, M.Si.,Ph.D selaku Kepala Pusat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Untad memaparkan bahwa PMM batch III diikuti Mahasiswa/i dari berbagai daerah di Indonesia sebanyak 62 orang.

“ Sebanyak 62 mahasiswa asal pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, NTT/NTB dan Maluku telah mengikuti pertukaran mahasiswa selama satu semester di Untad sebanyak 20 SKS. Pada kesempatan ini saya turut menyampaikan bahwa di tahun 2023, terdapat 3.817 mahasiswa yang terdata dalam Sistem Informasi Terpadu (SITAMPAN) MBKM, sehingga kami sangat optimis melihat animo dan antusias Mahasiswa kita terhadap program-program MBKM. Harapannya pada tahun 2024, MBKM sudah bersifat mandiri dan menjadi norma kehidupan kampus Untad kedepannya,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Asri Aldila Putri S.Sos M.Si selaku Kepala Program PMM Pusat menyampaikan apresiasinya via zoom kepada Untad sebagai tuan rumah Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) III.

“ Mewakili Kemendikbudristek, kami mengapresiasi Universitas Tadulako atas dukungan, komitmen dan bimbingan selama PMM III. PMM bertujuan untuk mendekatkan makna Bhineka Tunggal Ika kepada Mahasiswa sehingga belajar tidak hanya berada di kelas melainkan diluar kelas dengan beragam budaya, bahasa dan keberagaman Indonesia yang perlu ditanamkan kepada Mahasiswa. Kami ucapkan selamat kepada 63 peserta, meskipun program ini bersifat sementara, semoga memberikan kesan yang bermakna selamanya,” paparnya.

Pada kesempatan lainnya, Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT.,IPU. ASEAN Eng selaku Rektor menyampaikan semoga pengalaman satu semester di Untad memberikan pengalaman baik yang tak terlupakan bagi para peserta PMM.

“ Kita telah ketahui bersama bahwa PMM merupakan kesempatan untuk Mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar diluar jurusan Mahasiswa tersebut. Indonesia begitu besar sehingga penting bagi para Mahasiswa untuk mendapatkan kesempatan mempelajari berbagai daerah melalui program MBKM. Pengalaman ini tentu menjadi nilai tambah bagi anda selepas anda lulus dari perkuliahan. Semoga banyak kesan yang baik untuk di kenang oleh 62 Mahasiswa ini,” jelas Rektor.

Momen selengkapnya dapat disaksikan melalui link berikut. AA