Untad Jadi Tuan Rumah Rembuknas FORPIMAWA Tahun 2023

  • Post author:

Bertempat di Swissbell Hotel Palu, Universitas Tadulako (Untad) menjadi tuan rumah pelaksanaan Rembuk Nasional (Rembuknas) Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan (FORPIMAWA), yang berlangsung dari 14 -17 Desember 2023.

Pembukaan Rembuknas FORPIMAWA dilaksanakan pada Jumat (15/12/2023), bertempat di Ballroom Swiss-bell Hotel. Rembuknas FORPIMAWA kali ini mengangkat tema “Rembuknas FORPIMAWA 2023 Untuk Mewujudkan Generasi Tangguh Menuju Indonesia Emas 2045” dan “Peluncuran Agenda Ajang Talenta Jenjang Pendidikan Tinggi Nasional Tahun 2024”.

Wakil Rektor Untad bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Sagaf, MP, selaku penanggung jawab kegiatan mengatakan, hal yang ingin dicapai dalam pertemuan ini adalah bertukar informasi dalam rangka pengembangan pembinaan kemahasiswaan untuk lebih berprestasi berdasarkan talenta. Ajang silaturahmi pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan.    

Ketua Umum FORPIMAWA, Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, MT., Ph.D., IPU, dalam sambutannya mengatakan, cikal bakal FORPIMAWA berawal dari FORKOMAWA. Metamorfosa FORKOMAWA menjadi FORPIMAWA sebagai wadah penyeimbang antara pimpinan perguruan tinggi dan kementerian, terjadi pada 2022 lalu.

Menurut Prof. Ngakan, setiap tahun, ada tiga agenda pertemuan yang dilaksanakan oleh FORPIMAWA, yakni Rapimnas, Rakernas dan Rembuknas. Rembuknas sendiri menjadi ajang untuk memilih ketua umum FORPIMAWA periode selanjutnya.


Prof. Ngakan, mengajatakan, menjadi tugas bagi bidang kemahasiswaan untuk membentuk karakter generasi tangguh menuju Indonesia Emas 2045. Untuk itu kata dia, wakil rektor bidang kemahasiswaan memiliki peran penting dan harus diberikan dukungan untuk mendorong visi tersebut.

Sementara itu, Rektor Untad, Prof. Dr. Ir, Amar, ST., MT., IPU., ASEAN Eng, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada pengurus pusat dan 12 wilayah FORPIMAWA, serta perwakilan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang hadir.

Menurut Prof. Amar, pertemuan Rembuknas FORPIMAWA ini pada hakikatnya merupakan momen untuk membangun kemitraan untuk mencapai visi bersama. Pihaknya berharap momen Rembuknas ini menjadi ajang untuk melahirkan rekomendasi dan unsur pimpinan, dalam pengembangan bidang kemahasiswaan ke depannya.

“Ke depannya diharapkan di bidang kemahasiswaan ada pembinaan talenta berjenjang dari lokal, regional, nasional dan internasional,” ujarnya.

Rembuknas FORPIMAWA ini sendiri dihadiri oleh pengurus pusat dan 12 wilayah, serta perwakilan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Turut hadir Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid dalam acara tersebut.

Kegiatan rembuknas yang dilaksanakan selama 4 hari memiliki beberapa agenda acara lain diantaranya :

1. Pemilihan ketua FORPIMAWA baru

2. Ramah tamah bersama walikota palu

3. Ramah tamah bersama Rektor Universitas Tadulako dan penanaman pohon di Universitas Tadulako

4. City tour ke lokasi bencana alam serta daerah likiufaksi di Kota Palu sekaligus melihat cara pembuatan batik bomba. AA