Rektor Untad Jadi Speaker di International Conference on Smart Habitat for Humanity Education, Fuzhuo University – China

  • Post author:

Rektor Universitas Tadulako Prof. Dr. Ir. Amar., ST., MT menjadi Pembicara (Speaker) dalam kegiatan International Conference on Smart Habitat for Humanity Education di Fuzhuo University, China pada Minggu (29/10/2023) waktu setempat. 

Penelitian Rektor bersama tim berjudul “Spatial Configuration of Affordable Housing for Disaster Victim: Natural Ventilation Consideration” yang menghasilkan sebuah metode untuk menentukan jumlah unit maksimum hunian tetap (HUNTAP) bagi korban bencana alam berdasarkan luas lahan tertentu. 

Penelitian ini menghasilkan desain interior yang nyaman secara termal dengan lahan bangunan yang terbatas, sehingga perencanaan dan desain bangunan yang dibangun akan berdampak pada efisiensi energi. Hasil penelitian ini adalah elemen desain yang memiliki keterbatasan dalam modifikasi lingkungan internal sebuah rumah sehingga lebih nyaman di siang hari dan lebih nyaman secara termal di malam hari.

Penellitian in berkontribusi dalam pembangunan Hunian Tetap bagi korban bencana alam di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala.

Source : Kepala UPA TIK Untad