Fakultas Kehutanan Adakan Seminar Internasional Tentang Ekosistem Hutan di Sulawesi Tengah

  • Post author:

Bertempat di Gedung Teater Universitas Tadulako, Fakultas Kehutanan untuk pertama kali nya menyelenggarakan Seminar International dengan tema “ Heart of Celebes : Development and Research On Sustainable Forest Ecosystem Services in Celebes”. Seminar yang di adakan pada 20 Oktober 2016 ini menghadirkan beberapa narasumber seperti Prof. Roger D. Finlay dari Ilmu Agroteknologi Swedish University, Prof. Dr. Ir Mustafa agung Sarjono dari Universitas Mulawarman dan Prof. Dr. EKS Harini Muntasib, M.S dari Institut Pertanian Bogor.

2
Susana Seminar Internasional yang diadakan Fakultas Kehutanan Universitas Tadulako di Gedung Teater Untad pada 20 Oktober 2016

Selama Seminar Internasional berlangsung, Narasumber membahas beberapa poin penting mengenai ekosistem hutan di Sulawesi Seperti Social Forestry from Sociological Aspects of the Humid Tropics in Indonesia, Forest Ecotourism Governance and Ectomycorrhizal Fungi and Ecosystem Service in Boreal and Temperate Forest. Tema seminar yang mencakup masalah sosial dan ekonomi kehutanan, konservasi sumber daya hutan dan potensi pariwisata kehutanan mendapat apresiasi yang cukup besar dari peserta seminar yang berasal dari berbagai daerah seperti Palembang, Banten, Sulawesi Selatan serta Universitas Muhamadiah Sulteng, Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Tengah, Balain Taman Nasional Lore Lindu dan tim Taman Nasional Kepulauan Togean.

3
Salah Satu Narasumber (Prof. Dr. EKS Harini Muntasib M.S) saat memberikan materi di Seminar Internasional Fakultas Kehutanan Untad

Dr. Sc. Agr. Yusran S.P M.P Wakil dekan Bid. Akademik Fakultas Kehutann sekaligus sebagai ketua Panitia seminar menuturkan bahwa di adakannya seminar internasional ini bertujuan sebagai wadah dan forum bagi peneliti, praktisi, dosen, mahasiswa dan siapa saja yang ingin menambah dan memperdalam wawasannya dalam hal ekosistem hutan yang ada di Sulawesi khususnya Sulawesi Tengah.

Selain itu, kegiatan Seminar Internasional ini akan dilanjutkan dengan mengunjungi Taman Nasional Lore Lindu untuk mengunjungi situs Megalitikum yang ada disana. Setelah itu field trip di lanjutkan dengan mengunjungi Danau Tambing  oleh peserta dan narasumber Seminar Internasional ini. Kegiatan field trip akan mulai dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2016 sampai 22 Oktober 2016.