Dharma Wanita Persatuan Untad Adakan Talkshow, Peringati Hari Kartini dan Hardiknas

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Tadulako menggelar Talkshow Peringati Hari Kartini serta Hardiknas dengan tema “Transformasi Citra Perempuan melalui Media Sosial”. Rabu (08/05/2024) Talkshow ini dihadiri langsung Wakil Wali kota Palu, Rektor Untad dan jajarannya, Ketua DWP Ny. Susanti Amar beserta jajaran pengurus Dharma Wanita Persatuan Untad.

Dalam sambutannya Ketua DWP, Ny. Susanti Amar menyampaikan tujuan pelaksanaan talkshow tersebut dalam rangka memperingati momentum penting dalam sejarah perjuangan dan pembangunan bangsa, yakni Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April dan Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap 2 Mei.

“Kami memperingati hari kartini dan hari pendidikan nasional, dalam momentum peringatan kali ini, kurang lengkap jika kita tidak mengingat jasa dan perjuangan Ki Hadjar Dewantara, pahlawan dan pelopor pendidikan Indonesia yang telah meletakkan pondasi sistem pendidikan yang mengandung falsafah luhur yang tidak hanya mencerdaskan tetapi berorientasi pada penanaman karakter. Serta Kartini telah menginspirasi kita untuk terus berperan dalam mewujudkan keadilan, kesetaraan dan kesempatan agar dapat berkontribusi nyata bagi kemajuan bangsa. Untuk itu marilah kita terus berkarya dalam semua sektor pembangunan, tanpa melupakan peran dan kodrat perempuan. Sehingga cita-cita dan tujuan Kartini akan benar-benar terwujud, demi meningkatkan harkat serta martabat perempuan Indonesia,”tuturnya.

Mengangkat isu tentang media sosial pada talkshow, Ny. Susanti Amar juga menambahkan penjelasan mengapa memilih tema talkshow tersebut.

“Media sosial telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan kita. Tidak hanya sebagai sarana komunikasi dan informasi tetapi juga menjadi kebutuhan. Ibarat pisau bermata dua, media sosial punya peran ganda, yang tergantung bagaimana kita menggunakannya. Oleh sebab kepada saudara kaum perempuan, marilah kita memanfaatkan media sosial sebagai sarana bersosialisasi, aktualisasi dan membangun citra positif khususnya dalam pembangunan berkelanjuta. Ini mengapa kami memilih tema tersebut pada talkshow yang diselenggarakan ini,”lanjutnya.

Pada momentum meriah itu juga, Rektor Untad Prof. Dr. Ir  Amar., S.T., M.T., IPU., Asean Eng  selaku Penasehat DWP Untad menambahkan nasihat tentang pentingnya bijak dalam penggunaan media sosial.

“Tentunya ini pemilihan tema sangat cocok, melihat bagaimana transformasi citra perempuan melalui media sosial sangat penting. Edukasi tentang penggunaan media sosial ini sangat penting khususnya untuk kaum perempuan agar berhati-hati saat menggunakannya. Melihat era sekarang ini media sosial ini menjadi kebutuhan primer bagi manusia Sebagian,”imbuhnya.

Menghadirkan dua narasumber, yakni Wakil Wali Kota Palu, dr. Reni Lamadjido, serta Dr. Nur Aisyah M.Si, peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sangat antusias. ST