UPA SDHS Untad Gelar Pameran Biodiversity of Wallacea, Tampilkan Kekayaan Flora & Fauna Sulawesi

  • Post author:

Pameran Herbarium Celebense & Zoologi cum Celebense Universitas Tadulako yang mengangkat tema ” Biodiversity of Wallacea ” pada Kamis pagi (17/10/2024) yang dilaksanakan selama 4 hari di  untuk mengenal lebih dekat kekayaan flora dan fauna unik khas Sulawesi.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Unit Pengembangan Akademik (UPA) tentang Sumber Daya Hayati Sulawesi (SDHS) Untad, Dr. Ir. Fadly Y Tantu, M. Si meyakini bahwa HErbarium Untad dapat menjadi salah satu wadah untuk mempromosikan kekayaan keanekaragaman hayati Sulawesi kedepannya.

“UPA SDHS ingin mengeksplorasi dan memperkenalkan kepada masyarakat bahwa kami memiliki sebuah herbarium yang telah mendapatkan reputasi internasional, serta sebuah museum zoologikum yang saat ini sedang dikemas secara bertahap. Kami percaya bahwa ini akan menjadi momen penting untuk mempromosikan warisan ilmu pengetahuan dan ekosistem unik Sulawesi,” paparnya.

Prof. Dr. Ir. Amar ST.,MT.,IPU.,ASEAN Eng selaku Rektor Universitas Tadulako membuka kegiatan Pameran sekaligus memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.  

“ Kami memberikan apresiasi yang sangat luar biasa, bahwa semenjak dibentuknya melalui OTK baru, salah satunya adalah terbentuk Unit Pengembangan Akademik (UPA) tentang Sumber Daya Hayati di Sulawesi (SDHS). Herbarium ini merupakan satu-satunya di kawasan timur Indonesia yang terletak di Universitas Tadulako. Pencapaian ini adalah salah satu bentuk dari kerja keras kita semua,” ujarnya.

Rektor juga menambahkan bahwaHerbarium ini nantinya akan digunakan sebagai pendukung pengembangan berbagai penelitian. 

“ Dengan adanya herbarium di Universitas Tadulako, para peneliti tidak perlu lagi melakukan penelitian di lokasi yang jauh karena spesimen yang dibutuhkan sudah tersedia di kampus,” tambahnya.

Acara ini menampilkan koleksi Herbarium Celebense & Zoologicum Celebense Universitas Tadulako. Pameran mini ini akan menampilkan berbagai macam flora dan fauna unik yang ditemukan di Wallacea Region, termasuk spesimen tanaman dan hewan endemik Sulawesi.

Pameran mini ini menjadi langkah awal yang baik dalam memperkenalkan kekayaan alam Sulawesi kepada masyarakat luas. Universitas Tadulako berkomitmen untuk terus mengembangkan penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang biodiversitas, serta membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan pelestarian alam yang berkelanjutan. Afdal/AA