Rektor Lepas Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Angkatan IV inbound Untad Tahun 2024

  • Post author:

Setelah empat bulan melaksanakan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di Untad, Mahasiswa/i PMM Angkatan IV inbound Untad Tahun 2024 pada Selasa (28/05/2024) pagi mengikuti acara perpisahan sekaligus dilepas langsung oleh Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT.,IPU.,ASEAN Eng selaku Rektor bertempat di Hotel Bestwestern Plus Coco Palu.

Dalam sambutannya, Prof. Drs. Anang WM Diah, M.Si.,Ph.D selaku Kepala Pusat MBKM mengapresiasi Mahasiswa/i yang telah menyelesaikan PMM ini hingga akhir.

“ PMM saat ini telah berjalan selama 4 tahun atas arahan mas Menteri (Mendikburistek). Di Untad, tahun 2024 diharapkan bahwa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sudah menjadi hal yang berjalan normal sejak dilakukan pertama kali. Berdasarkan data tracer study, 87% menyatakan MBKM mempercepat kelulusan mereka, 97% menambah skill dan 97% merasa bahwa MBKM membuat mereka siap untuk masuk dunia kerja. PMM diharapkan dapat memberikan pengalaman akademik dan ke bhinekaan yang penuh kesan. Kebanggaan tersendiri bagi kami di Untad, menjadi host tahun ini untuk program PMM – MBKM. Kalian telah di kota Palu sejak 4 Bulan lalu dan telah merasakan berbagai keragaman dan budaya disini selama belajar. Semoga memberikan pengalaman yang berharga dan penuh makna,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Nurul Isnaini Mudrikah, S.Kom selaku Supervisor Program PMM – MBKM menuturkan harapannya agar peserta PMM angkatan IV tahun ini mendapat pengalaman berharga dalam mempelajari keragaman dan ke-bhinekan Indonesia.

“ PMM ini diluncurkan dengan tujuan memberikan pengalaman dan wadah untuk tidak hanya berkuliah di kelas melainkan merasakan langsung keberagaman dan ke-bhinekaan di Indonesia. Momen ini menjadi kesempatan para peserta yang berasal dari berbagai daerah/perguruan tinggi di Indonesia untuk bertukar budaya dan pengalaman satu sama lain. Tentu momen ini menjadi hal berharga yang diharapkan menjadi modal peserta kedepan setelah lulus dari perguruan tinggi nantinya. Sudah satu semesterdi Untad tentu sangat berkesan. Meski pengalaman ini hanya sementara, harapannya dapat bermakna selamanya,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT.,IPU.,ASEAN Eng selaku Rektor berpesan agar pengalaman dan kenangan selama di Untad dapat mengasah soft and hardskill para peserta PMM di Untad.

“ Peserta PMM kali ini berasal dari 34 perguruan tinggi di Indonesia. Saya meyakini bahwa mahasiswa yang pernah mengikuti PMM memiliki nilai tambah karena telah memiliki pengalaman serta adaptasi selama di Kota Palu. Tentu pengalaman ini akan membentuk anda menjadi pribadi yang lebih tangguh dengan nilai positif yang lebih baik. PMM sangat mengasah softskill dan hardskill anda sehingga saya optimis bahwa kedepan anda akan menjadi alumni yang lebih berprestasi. Sampaikan salam kami dari Untad untuk almamater anda sekalian,” ujarnya.

Usai sambutan-sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan peragaan baju adat para peserta, dance perfomance serta penampilan ke-bhinekaan lainnya. AA