Seminar International FMIPA Untad Angkat Tema Terkait Ilmu Pengetahuan & Teknologi Untuk Pembangunan Berkelanjutan

  • Post author:
Digelar selama dua hari, pembukaan 4th International Seminar on Science & Technology pada Rabu (02/11/2022) Pagi mengangkat tema “ Innovative Research in Scince and Technology for Sustainable Development ” yang digelar di Swiss Bel Hotel Silae Palu.
 
Dalam laporannya,  Nov Irmawati Inda, Ph.D selaku Ketua Panitia menuturkan bahwa peserta seminar berasal dari berbagai negara yang akan berbagi ilmunya terkait science dan teknologi.
 
“ Kami menyambut baik atas kehadiran narasumber dan peserta secara hybrid dari kalangan akademisi, peneliti dan mahasiswa asal jepang, USA, Malaysia, Mongolia, India dan Indonesia sebanyak 172 peserta asal 35 universitas. Konferense akan digelar selama dua hari akan menghadirkan pemateri secara virtual via zoom. Harapannya konferens ini akan menciptakan kolaborasi yang dinamis antar peserta dalam kegiatan ini.” Papar Nov Irmawati, Ph.D.
 
Dikesempatan yang sama, Rektor yang diwakili Ketua LPPMP Untad, Prof. Ir. Burhanuddin Sundu, M.Sc.Ag.,Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema seminar kali ini erat kaitannya dengan kondisi dunia saat ini.
 
 
“ Melihat tema yang diangkat saat ini terkait Sustainable Development atau pembangunan berkelanjutan mengingatkan saya akan tiga hal yang terlintas yakni teknologi (yang ramah lingkungan), generasi masa depan dan kebutuhan manusia saat ini. Ketiga hal ini berkaitan erat dengan bumi yang kita tinggali saat ini  dimana banyak masalah akibat dari ulah manusia itu sendiri seperti global warming, keterbatasan makanan dll. Kita tidak bisa menyelesaikan masalah itu sendirian melainkan kita perlu berkolaborasi. Kehadiran kita semua disini baik online/offline adalah untuk saling berbagi informasi dan menciptakan inovasi dan solusi kedepannya. Oleh karenanya, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh narasumber yang turut berpartisipasi dalam konferensi kali ini dan seluruh panitia penyelenggara.” Ujar Prof. Burhanuddin.
 
Usai sambutan-sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari beberapa narasumber diantaranya :
 
1. Prof. Dr. Sutikno, ST.,MT asal Uni Negeri Semarang – Indonesia.
2. Prof. Oriol Serra, Ph.D asal Universitat Politecnica de Catalunya, Barcelona – Spanyol
3. Prof. Dr. Oyuntsetseg Bolorrmau asal University of Mongolia
4. Dr. Eng. Asep Bayu Dani Nandiyanto, ST., M.Eng asal Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
5. Prof. Dr. Sarani Zakaria asal Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)
6. Prof. Hiroshi Umakoshi, Ph.D asal Osaka University
7. Dr. Elizabeth Stojanovski asal University Newcastle – Australia. AA