Tim Mahasiswa Untad Ciptakan Inovasi Produk Pangan Dalam Kompetisi PKM 2022 Kategori Kewirausahaan

  • Post author:

Tim Mahasiswa Untad yang beranggotakan Septianindi, Dian Septiawati, Desika Winasti Imran, Nur Annisa dan Indriani Purnama Putri ciptakan inovasi makanan yang pernah meraih Juara III dalam kompetisi lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat Nasional dengan judul LKTI “Kaledo Instan Inovasi Makanan Lokal Sulawesi Tengah Berbahan Dasar Sum-sum Tulang Sapi Sebagai Upaya Pencegahan Stunting Pasca Covid-19.” Kategori Kewirausahaan bertempat di Universitas Jambi pada bulan Maret 2022 yang lalu.

Kini produk tim mahasiswa Untad tersebut sedang mengikuti proses seleksi dalam kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tingkat Nasional dengan judul PKM “Kaledo Instan Inovasi Makanan Lokal Sulawesi Tengah Sebagai Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan Dalam Kondisi Bencana dan Mencapai SDG’S tujuan II”.

PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang diluncurkan oleh Ditjen Diktiristek pada tahun 2022 di bawah pengelolaan Belmawa merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi Perguruan Tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dian, salah satu anggota tim menuturkan bahwa alasan memilih kaledo Instan sebagai produk unggulan mereka dalam ajang PKM 2022 adalah kejadian bencana alam yang melanda wilayah Palu, Sigi dan Donggala pada tahun 2018 yang lalu. Saat itu, masyarakat yang terdampak bencana banyak mengonsumsi makanan instan seperti Mie Kemasan yang cenderung kurang nilai gizinya.

“ Kaledo mengandung zat gizi berupa asam lemak, vitamin dan zat besi serta kalisum yang baik untuk penderita anemia yang dapat menghasilkan sel darah merah. Produk kami terbuat dari kaki sapi yang mengandung sum sum tulang yang tentu bermanfaat dan baik untuk memenuhi gizi ibu hamil sehingga dapat mencegah stunting pada pertumbuhan anak. Harapan kami yang sedang mengikuti Kompetisi PKM, Produk Kaledo Instan kami dapat menjadi alternatif makanan dikondisi darurat yang praktis namun tetap memiliki nilai gizi yang baik.” Ujar Dian.

Produk dari kelompok yang dibimbing langsung oleh Dr. Drs. I Made Tangkas, M.Kes ini telah dilaunching pada 6 September 2022 yang dikemas dengan packaging yang menarik serta rasa yang enak. Inovasi Makanan Instan Karya mereka dapat dilihat dilink berikut. AA