Peringati Hari Lingkungan Hidup, Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) Untad Gelar Forum Diskusi & Penanaman Pohon

  • Post author:

Mengangkat tema “Restorasi Lahan, Penggurunan dan Ketahanan Terhadap Kekeringan – Our Land is Our Future”, Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) Untad pada Jumat (07/06/24) pagi melaksanakan forum diskusi sekaligus penanaman pohon dalam rangka Hari Lingkungan Hidup.

Dalam sambutannya, Dr. Ir. Muh. Nur Sangadji, DEA selaku Ketua PPLH Untad menyampaikan bahwa tema kali ini sesuai dengan visi Universitas Tadulako yang berbasis Lingkungan Hidup.

” Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang kita pilih hari ini adalah “Restorasi Lahan, Penggurunan dan Ketahanan Terhadap Kekeringan – Our Land is Our Future” yang sesuai dengan Visi Misi Untad kedepannya. Forum ini diikuti peserta oleh para Mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah Kajian Lingkungan Hidup,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT.,IPU.,ASEAN Eng selaku Rektor mengapresiasi PPLH Untad yang telah melaksanakan kegiatan kali ini.

“ Tema kali ini sangat selaras dengan visi misi Universitas Tadulako.  Nantinya tanaman-tanaman endemik akan ditanam di area Untad serta herbarium Untad akan dikembangkan lebih masif kedepannya mengingat Untad menjadi satu-satunya kampus yang memiliki herbarium di kawasan timur Indonesia. Pasca gempa, koleksi kita emang berkurang signifikan sehingga yang tersisa tinggal 5000 dari 15.000 yang ada. Rencana kedepan setiap jumat akan ada Gerakan Pungut Sampah Plastik (GPSP) yang akan aktif dilaksanakan per fakultas/unit. Saya harap PPLH dapat memelopori hal tersebut sehingga dapat bersama kita implementasikan di Untad secara efektif,” ujarnya.

Usai sambutan, acara yang turut diikuti oleh Ketua Senat Untad, Kepala LPP TVRI Sulteng dan Perwakilan Dinas Lingkungan Provinsi Sulteng kemudian dilanjutkan dengan forum diskusi dan ditutup dengan penanaman pohon dalam rangka Hari Lingkungan Hidup. AA