Sambut Mahasiswa Baru, Untad Gelar Training Of Trainers (ToT) Bagi Pemateri PKKMB Tahun 2022

  • Post author:

Menjelang masuknya Mahasiswa Baru Angkatan 2022, Universitas Tadulako pada Sabtu (06/08/2022) Pagi menggelar Training of Trainers bagi para pemateri terkait Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) bertempat di Best Western Hotel Palu.

Dalam laporannya, Haliadi, S.S.,M.Hum.,Ph.D selaku Ketua Panitia menuturkan jumlah peserta ToT yang akan digelar selama dua hari kedepan.

“Sebelum pelaksanaan PKKMB, tahun ini kita akan melaksanakan ToT selama 2 kali untuk dosen (hari ini dan besok) yang akan diikuti 395 dosen pemateri yang akan membawakan materi selama PKKMB kemudian ToT Host dan Co Host yang akan diikuti 24 host untuk melayani proses PKKMB secara daring dan ToT ketiga yakni lembaga mahasiswa yang diikuti 100 mahasiswa yang akan membawakan materi tentang kelembangaan mahasiswa.” Ujar Pak Haliadi.

Dikesempatan yang sama, Dr. Ir. Sagaf, MP selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Untad bahwa kegiatan kali ini merupakan penguatan dan penyegaran materi/panduan untuk para pemateri sebelum memperkenalkan PKKMB kepada mahasiswa baru.

“ PKKMB tahun ini akan dilaksanakan secara Hybrid (penggabungan antara aktivitas offline dan online) mengingat keterbatasan ruangan yang ada di Untad. Kegiatan hari ini tak hanya memberikan pengetahuan terkait PKKMB semata melainkan penyegaran upgrade terkait materi PKKMB untuk disampaikan kepada mahasiswa baru nantinya. Pembentukan Karakter Kehidupan Kampus bagi mahasiswa baru merupakan tanggung jawab kita dalam membentuk ciri khas mahasiswa dengan nilai ‘ketadulakoan’ yang artinya sifat kepemimpinan. Materi PKKMB akan berkaitan dengan ketahanan nasional, terorisme, narkotika, MBKM, revolusi Industri dan lingkungan ketadulakoan. Dari seluruh materi, saya mengharapkan agar pemahaman PKKMB benar-benar sampai kepada mereka, Mahasiswa Baru Untad.”Papar Dr. Sagaf.

Pada kesempatan lainnya, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor menyampaikan bahwa momen kali ini merupakan waktu yang tepat untuk mentransformasi karakter para Mahasiswa Baru sebelum masuk kedalam aktivitas perkuliahan.

“Kita akan menyambut Mahasiswa/i kita yang telah terseleksi dengan persiapan yang matang. PKKMB adalah program nasional yang telah disediakan panduannya oleh negara. Oleh karena itu, mentransformasi karakter ‘siswa’ menjadi ‘mahasiswa’ perlu dilakukan agar mereka nantinya dapat maksimal dalam mengadaptasi kehidupan belajar di kampus. Hal itu adalah tanggung jawab kita semua sebagai seorang pendidik. Ini adalah momen yang tepat untuk memberikan wawasan kebangsaan, menangkal radikalisme/terorisme, bahaya narkotika dll kepada mereka sebelum berstatus sebagai mahasiswa sepenuhnya.” Ujar Prof. Mahfudz. AA