Pada Kamis (02/06/2022) Pagi, Untad melalui bidang Kemahasiswaan mensosialisasikan “Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM) Tahun 2022”secara offline dan online bertempat di Lantai II Media Center Untad yang diikuti segenap Mahasiswa dan Kampus Untad Cab. Tojo Una-Una.
Dalam sambutannya, Dr. Ir. Sagaf, MP selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Untad menuturkan bahwa tahun ini program IWDM kali ini akan melibatkan pihak fakultas dan prodi dalam mendorong minat mahasiswa sebagai calon Wirausaha berbasis digital.
“ Sosialisasi kali ini bertujuan untuk mendorong setiap mahasiswa Untad untuk turut serta dalam mengikuti kompetisi nasional ini. Mahasiswa Untad menurut pengamatan kami mampu dan memiliki kompetensi sebagai wirausaha digital dimasa depan. Kompetisi kali ini berbeda dengan tahun lalu karena kali ini setiap kampus melalui bidang kemahasiswaan harus membuat proposal induk menuju kompetisi nasional. Sehingga mulai hari ini juga kami akan melibatkan pihak dosen, fakultas dan prodi untuk memotivasi setiap mahasiswanya untuk gencar mengikuti kompetisi ini.” Ujar Dr. Sagaf.
Usai sambutan, Dr. Vitayanti Fattah, SE.,M.Si dalam materinya terkait Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa menyampaikan latar belakang pentingnya mendorong mahasiswa untuk memiliki inovasi wirausaha digital diantaranya ;
1. Indonesia sangat populer dikalangan Asia Tenggara
2. Penduduk Indonesia merupakan penduduk aktif sebagai pengguna mobile phone (8 jam 51 menit perhari)
3. Indonesia menjadi negara yang mempunyai pertumbuhan “Internet Economy” tertinggi (4x dalam 3 tahun terakhir)
4. Pengguna internet di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat cepat
Selain itu latar belakang program IWDM 2022 diantaranya ;
1. Pemulihan ekonomi (tahun 2022 dianggap sebagai momentum pemulihan ekonomi Indonesia)
2. Penguatan ekosistem digital (ditengah pertumbuhan perusahaan berbasis digital, perguruan tinggi didorong untuk menguatkan ekosistem inovasi digital dilingkungan kampus, sehingga mendorong minat mahasiswa terhadap usaha digital di Indonesia)
3. Perusahaan berbasis digital (semakin banyaknya perusahaan digital yang menarik banyak minat anak muda)
4. Kolaborasi (antara pelaku industri digital dengan dunia pendidikan yang akan menghasilkan generasi baru bagi pegiat usaha digital di Indonesia
Tujuan IWDM 2022 ;
a. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa untuk melakukan kegiatan wirausaha digital;
b. Mendukung terciptanya ekosistem wirausaha digital mahasiswa di Indonesia khususnya di lingkungan perguruan tinggi;
c. Mengakselerasi pertumbuhan wirausaha digital mahasiswa hingga tahap ProductMarket Fit; dan
d. Membangun jejaring antar wirausaha digital mahasiswa.
Manfaat IWDM 2022 ;
a. Membantu peningkatan kapasitas perguruan tinggi dalam pembinaan wirausaha digital yang berprinsip pada pengembangan karakter; dan
b. Mendukung ketercapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi.
Persyaratan Mahasiswa untuk mengikuti program IWDM adalah sebagai berikut :
a. Mahasiswa aktif jenjang Sarjana maksimal semester 7 pada saat kegiatan dilaksanakan, terdaftar di Pangkalan Data DIKTI (PDDIKTI) pada perguruan tinggi;
b. Setiap kelompok terdiri dari ketua dan anggota dengan jumlah 3-5 mahasiswa; dan
c. Mahasiswa yang menjalankan kegiatan wirausaha digital dari tahap awal (prototype) dan tahap lanjut (scale up) dalam bentuk usaha digital. Usaha digital yang dimaksud adalah minimal calon perusahaan pemula yang memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan solusi dari permasalahan masyarakat Indonesia. Contoh: EduTech, HealthTech/MedTech, FinTech, AgriTech, Marketplace/e-Commerce, IoT, AR/VR, dll. AA