Bertempat di Media Center Lantai II Untad, acara Workshop dengan tema “ Pengembangan Sistem Informasi ” di gelar pada Kamis (16/01/2020) Pagi dengan menghadirkan narasumber asal Telkom University yang turut di hadiri peserta workshop diantaranya Para Wakil Rektor, Kepala UPT, Kepala Biro dan Dekan.
Dalam sambutannya, Dr. Lukman Nadjamuddin M.Hum selaku Wakil Rektor Bidang Akademik menyambut hangat Para Pemateri asal Telkom University diantaranya Soni Fajar Surya Gumilang selaku Manager Solusi Teknologi – BTP beserta tim lainnya diantaranya Widi Tri Yuwono (Kabag Infrastruktur), Ari Arjunaldi (staf Infrastruktur), Tuntun Aditara M (Staf Data Center) dan Doni (Stay Solusi Teknologi). Dalam kesempatan tersebut, Dr. Lukman turut mengutarakan maksud penyelenggaraan Workshop.
“ Workshop ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Rektor, Wakil Rektor dan beberapa Dekan beberapa waktu lalu saat mengunjungi Telkom University sehingga menginspirasi Rektor untuk menindak lanjuti hasil kunjungan tersebut untuk di terapkan di Universitas Tadulako dalam bidang pengembangan Sistem Informasi .” Papar Dr. Lukman.
Salah satu pemateri asal Telkom University, Soni Fajar Surya Gumilang selaku Manager Solusi Teknologi Telkom University menuturkan dalam materinya terkait iGracias yang di terapkan di Universitas Swasta yang telah berstandar International di Indonesia tersebut.
iGracias merupakan portal sistem layanan informasi yang merupakan platform layanan proses pendidikan dan pengelolaan kampus secara terintegrasi. Hampir seluruh layanan pendidikan, baik proses akademik maupun pendukung dijalankan dengan berbasis iGracias. Akses menuju iGracias dapat dilakukan dengan menggunakan Single Account and Single Sign On (SSO) diberikan kepada para pengelola, dosen, mahasiswa, orangtua mahasiswa dan staf tenaga kependidikan, dengan masing-masing memiliki hak akses jenis-jenis sesuai kelompok pengguna (user group).
Telkom University bersama Telkomsel terus menunjukan bentuk komitmen nyata terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal tersebut direalisasikan melalui peluncuran iGracias Mobile pada tanggal 3 April 2017 yang lalu. Peluncuran iGracias Mobile ini menunjukan salah satu usaha Telkom University dalam mewujudkan visinya menuju World Class University.
Untuk bisa login di aplikasi tersebut, Mahasiswa akan menggunakan akun iGracias yang biasa dipakai pada iGracias Website atau lebih dikenal dengan akun SSO. Aplikasi yang diusut oleh Direktorat Sistem Informasi ini, hadir dengan membawa berbagai macam fitur unggulannya yang menunjang proses belajar-mengajar di Telkom University.
Untuk mahasiswa, tersedia beberapa menu yang data-datanya terintegrasi dengan data-data yang telah terinput di iGracias Website, diataranya :
- Profil Pengguna
- Data Akademik
- Jadwal Kuliah
- Jadwal Ujian
- Status Kehadiran
- Status Keuangan
- Status Tap RFID
- Info Pengumuman dari iGracias
- Lowongan Pekerjaan
- Events Information System
Adapun menu yang tersedia untuk dosen adalah :
- Profil Pengguna
- Data mahasiswa yang Diajar
- Data mahasiswa Wali
- Jadwal Kuliah
- Status TapRFID
- Info Pengumuman dari iGracias
- Lowongan Kerja
- Event Information System
Sedangkan menu yang memfasilitasi orang tua mahasiswa ada beberapa fitur, diantaranya :
- Profil Pengguna
- Data Akademik Anak
- Jadwal Kuliah Anak
- Jadwal Ujian Anak
- Status Kehadiran Anak
- Status Keuangan Anak
- Status TapRFID Anak
- Info Pengumuman dari iGracias
- Lowongan Kerja
- Events Information Syste
Dan menu terakhir yang disediakan untuk pegawai, jumlahnya lebih terbatas dibandingkan dengan menu yang disediakan untuk pengguna lainnya.
- Profil Pengguna
- Status TapRFID
- Info Pengumuman dari iGracias
- Lowongan Kerja
- Events Information System.
iGracias Mobile juga tampil cukup interaktif dengan fitur-fitur yang disediakan seperti sosial media hari ini. Fitur-fitur seperti mencari teman dan dan bisa menambahkannnya, adanya forum dan lini masa, mendorong pengguna iGracias Mobile untuk berinteraksi satu sama lain.
Aplikasi iGracias ini hal yang penting dan sering diakses oleh warga Telkom University, dan dengan adanya iGracias versi mobile dapat mempermudah dosen,mahasiswa,orang tua, serta pegawai untuk mengakses informasi yang ada di dalamnya, karena jika mengakses lewat web iGracias terlalu rumit dan tidak efektif serta harus login setiap masuk.
Tapi, aplikasi iGracias mobile hanya tersedia di playstore dan tidak tersedia bagi pengguna iOS, jadi untuk pengguna iOS masih harus menggunakan web untuk mengakses iGracias, selain itu, pada web yang diakses di iOS tidak dapat menamplikan nilai per mata kuliah. Dan tidak jarang web iGracias mengalami gangguan karena terlalu banyak yang mengakses web tersebut.
Selain membahas soal iGracias, Pemateri lainnya membahas terkait accsess devices, logical topology serta Bagian Infrastruktur Teknologi Informasi dsb. Usai pemaparan materi, workshop kemudian dilanjutkan dengan Tanya jawab antara peserta dan pemateri asal Telkom University. AA