Menteri Hukum dan HAM RI Berikan Kuliah Umum di Universitas Tadulako

Pada hari sabtu (12/10/2024) Univeristas Tadulako hadirkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI Dr. Supratman Andi Agtas, S.H., M.H dalam Kuliah Umum dengan mengusung tema “Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia: Dinamika dan Perkembangannya”. Terselenggarakan di Auditorium Universitas Tadulako, agenda ini dihadiri oleh Rektor Untad, Para Wakil Rektor Untad, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah serta beberapa Pejabat Struktural dan Jabatan Fungsional Umum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Sivitas Akademika serta Mahasiswa Universitas Tadulako.

Prof. Dr. Ir. Amar, ST., MT., IPU., Asean Eng Rektor Universitas Tadulako menyampaikan rasa syukur atas kehadiran Menteri Hukum dan HAM RI di Untad. Ia menekankan bahwa kedatangan Menteri merupakan bentuk apresiasi terhadap Universitas Tadulako, sekaligus menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap institusi.

“Jadi kita sangat bersyukur kehadiran beliau sebagai bentuk apresiasi Untad dan juga tentu beliau punya kepedulian yang sangat tinggi kepada institusi. Oleh karena itu kami sangat bahagia dengan kehadiran Pak Menteri di sini tentunya dalam rangka kita juga akan mengembangkan institusi kita kedepan,”tuturnya.

Dikesempatan yang sama, saat diwawancarai secara langsung, Rektor Untad juga menambahkan bahwa kehadiran Pak Menteri sangat berarti dalam upaya pengembangan institusi ke depan. “Kami memerlukan dukungan dari kolega-kolega seperti Pak Menteri, yang dapat memberikan perhatian khusus kepada kami,” ujarnya.

Prof amar melanjutkan, sesuai dengan sambutan yang disampaikan Menteri, dalam hasil pembicaraan sebelumnya, telah dibahas beberapa peluang yang dapat dimanfaatkan untuk memperkuat institusi. Salah satu poin penting yang disampaikan adalah permintaan dari Pak Menteri untuk membentuk program studi baru. “Kami diminta untuk mengembangkan prodi-prodi yang adaptif dan relevan dengan perkembangan zaman,”imbuhnya.

Setelah sambutan, agenda dilanjutkan dengan Penandatanganan MoU antara Rektor Universitas Tadulako dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) oleh Bapak Menteri kepada Rektor. Setelah Penyerahan sertifikat kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Menteri memberikan materi kuliah umum yang diakhiri dengan foto bersama.

Adapun materi yang dibawakan langsung oleh Pak Supratman Andi Agtas tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan: Dinamika dan Perkembangannya. ST