Delegasi Untad Hadiri WINNER (The Week of Indonesia-Netherlands Education and Research) 2024 di Den Haag, Belanda

  • Post author:

Delegasi Universitas Tadulako (Untad) yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Amar ST.,MT.,IPU.,ASEAN Eng selaku Rektor serta Para Wakil Rektor (Dr. Eng. Ir. Andi Rusdin, S.T., M.T., M.Sc – Wakil Rektor bidang Akademik, Dr. Ir. Sagaf, MP – Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni serta Dr.sc.agr. Aiyen, M.Sc – Wakil Rektor bidang Perencanaan dan Kerjasama) selama 24 hingga 26 September 2024  mengikuti kegiatan WINNER yang ke 5, 24-26 September 2024 di Den Haag, Belanda.

WINNER (The Week of Indonesia-Netherlands Education and Research) adalah kegiatan inisiatif dari Kedutaan Belanda, Kedutaan Republik Indonesia di Belanda, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Edukasi, Sains dan kebudayaan Belanda, dan Dutch Research Council (NWO),  LIPI- kini Badan Riset dan Inovasi (BRIN), Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI), the Royal Netherlands Academy of Arts and Sciences (KNAW), Organization for internationalization in education (Nuffic Southeast Asia).

Kunjungan ini berdasarkan Indonesia dan Belanda yang memiliki sejarah kerjasama dibidang riset dan edukasi, sekaligus kegiatan tahunan WINNER  untuk merayakan kerjasama tersebut. Selain itu, momen kali ini untuk memperkuat serta meningkatkan kolaborasi, berbagi praktek baik, dengan tujuan meningkatkan pendidikan dan riset di kedua negara.

WINNER tak hanya dihadiri oleh peneliti dan akademisi tetapi juga oleh politisi, pebisnis, LSM dan beragam organisasi masyarakat lainnya. WINNER telah diselenggarakan 4 tahun berturut-turut, 2020-2023, dengan tuan rumah Indonesia, dan baru WINNER yang ke 5 diselenggarakan di Belanda. Kegiatan diisi dengan beragam kegiatan diantaranya talkshow, matchmaking and field visit, seperti ke TU Delft, IHE Delft institute for water education dan ke Universitas Wageningen.

Hasil dari Matchmaking WINNER, Universitas Tadulako, Universitas Negeri Malang, dan the Hague University of Applied Sciences (THU) saat ini sedang bersama menyiapkan proposal EU-ASEAN Sustainability Connectivity Package -Higher Education Programme. AA