Menteri Agraria & Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional RI Beri Kuliah Umum di Untad

  • Post author:

Bertempat di Auditorium Universitas Tadulako, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), M.Sc.,M.P.A.,M.A selaku Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional RI pada Minggu (28/04/2024) malam berkesempatan untuk memberi Kuliah Umum terkait Visi Indonesia Emas 2045 dan Nilai-Nilai Kepemimpinan.

Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT.,IPU.,ASEAN Eng selaku Rektor menyambut hangat kedatangan Menteri AHY di Untad dan mengapresiasi antusias para Mahasiswa/peserta dalam kesempatan kuliah umum kali ini.

“ Dengan adanya kedatangan Menteri AHY di Untad, kami segenap civitas akademika Universitas Tadulako mengucapkan terima kasih atas kesempatan berharga ini.  Antusias yang ada merupakan tanda semangat untuk mendapatkan ilmu baru dari tema yang akan dibawakan langsung oleh Menteri AHY malam ini,” ujar Rektor.

Pada kesempatan tersebut, Rektor turut memberikan update terbaru terkait Untad yang saat ini sedang mengevaluasi aset-asetnya untuk dapat di optimalkan segera. Hal tersebut juga selaras dengan Untad yang telah meraih akreditasi “Unggul” menuju Kampus berbasis PTNBH.

Usai sambutan Rektor, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), M.Sc.,M.P.A.,M.A selaku Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional RI memaparkan dalam Kuliah Umumnya terkait peran perguruan tinggi menuju Indonesia Emas di tahun 2045.

“ Perguruan Tinggi memiliki peran penting dalam membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul bagi Indonesia dimasa depan. SDM merupakan salah satu kunci utama menuju Indonesia Emas 2045. Mengapa tahun 2045? Selain satu abad Indonesia telah Merdeka, saat itu Indonesia mendapatkan bonus demografi dimana Generasi Z diprediksi sebanyak 27,94% dari 270,20 juta penduduk RI,” papar AHY.

Dalam materinya, AHY banyak memaparkan terkait Megatren Global 2045, Konsepsi Indonesia Emas 2045 dan SDM sebagai Kunci Indonesia Emas 2045. Ia menuturkan terdapat empat pilar dalam Pembangunan Indonesia 2045 diantaranya Pembangunan Manusia dan Penguasaan IPTEK, Ekonomi yang Berkelanjutan, Pemerataan Pembangunan dan Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Pemerintahan.

“ Selain itu, terdapat 3 hal pokok untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 seperti stabilitas bangsa yang terjaga, keberlanjutan dan kesinambungan dalam kepemimpinan serta peningkatan kualitas SDM. Abad 21 seperti saat ini, Keterampilan yang dibutuhkan oleh generasi kita meliputi kemampuan literasi (literasi informasi, media literasi, dan teknologi literasi) serta kemampuan berkehidupan yang mencakup fleksibilitas, sifat kepemimpinan, inisiatif, produktif dan kemampuan secara sosial,” paparnya.

AHY dalam materinya turut memaparkan tentang tiga ciri-ciri generasi unggul yakni memiliki kemampuan secara intelektual, karakter dan integritas serta kualitas kepemimpinan.

Usai pemaparan materi dan sesi tanya jawab, acara Kuliah Umum kemudian ditutup dengan sesi foto bersama. AA