Desember 08, 2021

Untad Sambut 121 Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri Asal 15 Perguruan Tinggi

Untad Sambut 121 Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri Asal 15 Perguruan Tinggi

Bertempat di Hotel Swissbell Palu, acara Penerimaan peserta inbound Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMMDN) dilaksanakan pada Minggu (14/11/2021) Pagi yang disambut langsung oleh Rektor Untad beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Dr. Anang M. Diah, M. Si., Ph.D selaku Ketua Pusbang MBKM Untad menyampaikan bahwa 121 Mahasiswa peserta PMMDN berasal dari 15 perguruan tinggi di Indonesia.

“Pertukaran saat ini adalah pertukaran mahasiswa satu semester dari berbagai daerah untuk memberikan pengalaman kebhinekaan dan sistem ahli kredit sebanyak 20 sks. Proses yang dilakukan Untad sejak maret seperti sosialisasi, penerimaan mahasiswa, penyiapan mata kuliah unggulan, serta dosen mentor dengan pendaftar sebanyak 436 peserta yang saat itu dalam pertimbangan apakah akan dilaksanakan secara luring atau daring. Kegiatan ini melibatkan sebanyak 935 mahasiswa aktif (235 mahasiswa dari 20 PT Mitra) dan 231 Mahasiswa Untad ke 31 PT diluar Sulawesi serta 469 Mahasiswa Mitra mengikuti secara daring. Untad juga telah mendaftarkan 172 Mata Kuliah unggulan dan 350 dosen unggulan. Alhamdulilah aktivitas luring dapat diterapkan saat Palu berada di level 1. Dari 121 Mahasiswa Untad Aktif yang datang ke Palu saat ini berasal dari 15 perguruan tinggi diantaranya Universitas Jambi 1 org, Universitas MalikuSaleh 4 org, Universitas Muhamadiyah Bengkulu 1 org, Universitas Muhamadiyah Sumut 6 org, Universitas Negeri Medan 22 org, Universitas Negeri Padang 16 org, Universitas Prima Indonesia 5 org, Universitas Samudra Aceh 6 org, Universitas 11 Maret 3 org, Universitas Siliwangi 4 org, Universitas Simalungun 1 org, Universitas Singaperbangsa Karawang 12 org, Universitas Slametriyadi 9 org, Universitas Sriwijaya 15 org, Universitas Sumut 1 org serta Universitas Swadaya Gunungjati 15 org.” Jelas Dr. Anang.

Beliau turut menyampaikan bahwa ada 231 mahasiswa Untad yang mengikuti PMMDN di 31 perguruan tinggi di luar Sulawesi. Dari jumlah ini, ada 226 mahasiswa aktif dan hanya 57 mahasiswa yang menjalani inbound luring, di 9 perguruan tinggi.

Dikesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rekto Untad dalam sambutannya menyambut hangat kepada 121 Mahasiswa inbound luring dari 15 perguruan tinggi di Untad.

“ Selamat datang di Universitas Tadulako untuk 121 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Semoga proses belajar selama dua bulan ke depan bisa memberikan pengetahuan, pengalaman, serta kesan berharga bagi para mahasiswa peserta inbound di Untad. Kami berharap Mahasiswa PMMDN ini dapat menjadi pemimpin yang berperspektif kebhinekaan, serta memahami nilai-nilai keberagaman antar daerah di Indonesia. Apresiasi kepada Wakil Rektor bidang Akademik, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Pusbang MBKM, serta panitia yang telah bekerja keras untuk menyukseskan program ini.” Papar Prof. Mahfudz.

Usai sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan pengalungan tanda pengenal dan penyematan topi kepada perwakilan peserta PMMDN secara simbolis. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: No Right Klik and Copy!!