Oktober 22, 2020

Untad Lepas 3.512 Mahasiswa KKN Angkatan 90 Untuk Cegah Penyebaran Covid – 19

Untad Lepas 3.512 Mahasiswa KKN  Angkatan 90 Untuk Cegah Penyebaran Covid – 19

Pada Senin (13/04/2020) Malam, Pelepasan Mahasiswa KKN Untad Angkatan 90 dilakukan secara daring (zoom meeting) oleh LPPM di bawah koordinasi Pusbang PM-KKN yang diikuti sekitar 146 peserta dari unsur Pimpinan Untad, Fakultas, DPL serta perwakilan Mahasiswa KKN.

Dalam sambutannya,  Dr. Muh. Nawawi, M.Si selaku ketua pusbang PM-KKN Untad menuturkan jumlah Mahasiswa KKN Angkatan 90 diikuti sebanyak 3.512 Mahasiswa dengan DPL berjumlah 152 orang. Selain itu, KKN Angkatan 90 yang mengusung tema “Peduli Covid 19” akan dilaksanakan secara mandiri oleh Mahasiswa dengan memprioritaskan kegiatan yang dapat dilakukan dari rumah.

Nantinya Mahasiswa KKN Angkatan 90 akan memilih salah satu kegiatan dengan minimal dua item atau minimal dua kegiatan. Contoh memilih kegiatan A dengan 2 lokasi penyemprotan atau memilih 2 kegiatan yaitu kegiatan A dan B. Bentuk kegiatan yang dapat dipilih oleh Mahasiswa diantaranya :

  • Penyemprotan tempat-tempat umum dengan disinfektan.
  • Pembuatan dan distribusi alat pencegahan penyebaran COVID 19 (Hand Sanitizer/Masker, Tempat Cuci Tangan).
  • Relawan COVID 19.
  • Pembuatan Media Informasi on line atau offline (stiker/brosur/poster) pencegahan COVID 19.
  • Kegiatan lain yang relevan dalam pencegahan COVID 19.

Selain itu, dalam pelaksanaan KNN Angkatan 90, Mahasiswa memiliki beberapa kewajiban yang harus dipatuhi diantaranya ;

  • Setiap peserta KKN wajib menjaga diri dan nama baik almamater Untad.
  • Setiap peserta KKN wajib selalu berpakaian rapi menggunakan almamater saat melaksanakan kegiatan di masyarakat dengan tetap menjaga kesopanan dan selalu menyesuaikan dengan kondisi dan situasi di tempat KKN.
  • Selama pelaksanaan program kerja mahasiswa wajib menjalankan aturan dalam pencegahan covid 19 (memakai masker, sarung tangan, menjaga jarak, melakukan physical distancing).
  • Menyusun Program Kerja/ tahapan pelaksanaan kegiatan dan melaporkan pelaksanaannya kepada DPL secara online
  • Mengirimkan bukti pelaksanaan program (narasi, foto dan video) kepada DPL secara online

Pada kesempatan yang sama, Dr. Ir. M. Rusydi, M.Si selaku Kepala LPPM Untad menuturkan bahwa KKN kali ini khusus dan cukup unik karena dilakukan secara mandiri. Cakupan wilayah KKN Angkatan 90 terbilang cukup luas karena mahasiswa yang berKKN tidak hanya berada di Sulawesi tengah saja melainkan berasal dari luar Propinsi Sulawesi Tengah.

Dikesempatan lainnya, Rektor Untad yang diwakili oleh Dr. Lukman Nadjamuddin, M.Hum selaku Wakil Rektor Bidang Akademik secara resmi melepas Mahasiswa KKN Angkatan 90 dan turut memberikan apresiasi kepada LPPM Untad yang tetap maksimal dalam pelaksanaan KKN di tengah situasi Covid 19 saat ini.

“ Kami mengapresiasi langkah LPPM Untad untuk melakukan KKN Online angkatan 90 sehingga tidak menghalangi Mahasiswa untuk menyelesaikan studinya tepat waktu. Untad turut hadir dalam pengabdian masyarakat terutama yang bersinggungan dengan covid 19 sehingga saya pun berharap agar semua Mahasiswa yang akan ber KKN nantinya agar menjaga kesehatannya dan tetap maksimal dalam proses KKN nya kedepan. Semoga KKN kali ini akan berdampak baik untuk masyarakat secara luas khususnya dalam mencegah penyebaran covid 19.” Ujar Dr. Lukman. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!