Untad Lepas 121 Peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMMDN) Inbound Tahun 2021

Untad Lepas 121 Peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMMDN) Inbound Tahun 2021

Setelah mengikuti kegiatan sejak November 2021 di Untad, 121 peserta inbound pada Senin (03/01/2022) Pagi secara resmi telah menyelesaikan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMMDN) Tahun 2021 yang diikuti 15 Perguruan Tinggi Se Indonesia bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Untad.

Dalam sambutannya, Drs. Anang Wahid M. Diah, M.Si., Ph.D selaku Koordinator Pusbang MBKM Untad menuturkan bahwa meskipun program pertukaran ini bersifat sementara, kesan dan manfaat program diharapkan dapat bermakna selamannya bagi peserta.

“ Merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bahwa Untad dapat berproses dalam program ini sejak Maret 2021. Dari proses ini, ada sekitar 436 pendaftar yang mendaftar untuk PMMDN di Untad.  Dalam PMMDN di Untad, ada 172 mata kuliah unggulan dengan 350-an dosen mentor serta tambahan 24 dosen Modul Nasional. Kemudian ada sekitar 231 mahasiswa Untad yang mengikuti PMMDN di 31 perguruan tinggi di luar Sulawesi. Dari jumlah ini, ada 226 mahasiswa aktif dan hanya 57 mahasiswa yang menjalani inbound luring di 9 perguruan tinggi. Anda semua adalah mahasiswa pilihan yang berhasil mengikuti program ini dari puluhan ribu pendaftar. Anda semua sangat beruntung dapat mengikuti program yang meskipun bersifat sementara, namun bisa bermakna selamanya bagi para peserta.” Ujar Drs. Anang.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Lukman Nadjamuddin, M.Hum selaku Wakil Rektor Bidang Akademik berharap agar peserta dapat membawa pulang pengalaman dan kesan baik selama di Untad dan dapat kembali ke daerah asal dengan selamat.

“Tidak terasa para peserta program telah menyelesaikan program hingga akhir. Begitu banyak mahasiswa yang mendaftar diprogram ini dan tidak semua lolos seleksi. Sehingga kesempatan ini merupakan pengalaman yang sangat berkesan meskipun relatif singkat untuk setiap peserta. Anda semua telah berkesempatan belajar di Untad serta mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan lokasi wisata yang ada di Palu. Kami juga sangat mengapresiasi para mahasiswa yang telah menampilkan budaya asalnya dari berbagai nusantara selama berada di Untad yang mencerminkan kebhinekaan Indonesia. Terima kasih pula kepada semua pihak (koordinator panitia, dosen, rusunawa dll) yang telah bekerja keras mensukseskan program ini. Selamat jalan untuk anda semua! Semoga selamat sampai kembali ke kampung halaman.” Papar Dr. Lukman.

Acara pelepasan turut melaksanakan pengumuman pemenang dan pemberian hadiah di Ajang Pertunjukan Seni & Budaya yang diikuti oleh seluruh peserta PMMDN Untad pada Kamis (30/12/2021) serta Penampilan Tarian Budaya Mahasiswa yang kemudian ditutup dengan sesi foto bersama. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: No Right Klik and Copy!!