June 19, 2021

UNTAD KEMBALI KUKUHKAN GURU BESAR DI BIDANG ILMU SOSIAL

UNTAD KEMBALI KUKUHKAN GURU BESAR DI BIDANG ILMU SOSIAL

Universitas Tadulako (Untad) kembali ketambahan seorang guru besar di bidang ilmu sosial pada Kamis (10/6). Dalam prosesi  yang digelar di Aula Fakultas Kedokteran Untad itu, Prof Dr Muhammad Nur Ali, M Si dikukuhkan sebagai Guru Besar oleh Ketua Dewan Profesor Untad, Prof Merry Napitupulu, M.Sc, P.hD. Kehadiran Prof Dr Muhammad Nur Ali sebagai guru besar Untad itu menambah daftar panjang Guru Besar Untad yang saat ini berjumlah 47 orang.

Rektor Untad, Prof Dr Ir Mahfudz MP , dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukurnya atas bertambahnya guru besar di Universitas Tadulako. Menurut rektor, kehadiran Guru Besar di Untad sangat dinantikan khususnya di bidang Ilmu sosial yang saat ini bertambah menjadi dua orang. Olehnya itu, rektor mengucapkan penghargaan atas pencapaian tersebut.

“Beliau adalah profesor pertama di tahun 2021. Dengan raihan jabatan tertinggi di dunia akademik ini tentu akan  memberikan arti penting kepada kita sebagai institusi perguruan tinggi. Kehadiran 2 professor di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sangat memberi manfaat  kepada pengembangan FISIP khususnya di program pascasarjana Ilmu sosial, dimana saat ini sedang dalam proses pengusulan program S2 dan S3. Semoga capaian ini bisa menjadi motivasi rekan rekan dosen sekalian untuk meraih pencapaian yang sama” Kata rektor

 

 

 

 

Dalam kesempatan tersebut, Prof Muhammad Nur Ali menyampaikan pidato ilmiahnya yang berjudul, “Psikologi Kontemporer, Melipat Batas Epistomologi, Teori dan Terapan” di hadapan Dewan Profesor Untad dan tamu undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“ Psikologi yang masuk dalam rumpun ilmu sosial adalah ilmu kejiwaan yang  tidak mempelajari tentang sel di dalam system organisme tubuh, melainkan mempelajari respon- respon yang digerakkan secara sistemik olehnya. Tidak secara kebetulan bahwa tingkah laku manusia  tidak terjadi begitu saja, ia terkondisi sedemikian rupa melalui system kompleks di dalam diri individu yang kemudian dilakoni dalam bentuk tingkah laku” terang Prof Muhammad Nur Ali dalam pidatonya.

Lebih lanjut beliau mengungkapkan bahwa Psikologi Sosial sebagai salah satu  kajian dari ilmu Psikologi  perlu didorong selangkah lebih maju menjadi ilmu  terapan agar dapat ikut andil dalam pemecahan masalah yang hari ini telah berdimensi makro sejagat.

Di akhir pidatonya Prof Dr Muhammad Nur Ali menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pimpinan, keluarga dan rekan sejawat serta seluruh pihak yang telah  berkontribusi atas pencapainnya memperoleh gelar Guru Besar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!