September 23, 2021

Untad Gelar Penerimaan & Pelepasan Mahasiswa Merdeka Belajar

Untad Gelar Penerimaan & Pelepasan Mahasiswa Merdeka Belajar

Digelar secara online dan offline, acara “Penerimaan & Pelepasan Mahasiswa Merdeka Belajar Untad” dilaksanakan pada Rabu (01/09/2021) Pagi dengan mengangkat tema “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya” bertempat di Gedung Auditorium Fakultas Kedokteran Untad.

Dalam laporannya, Dr. Anang M Diah, M.Si.,Ph.D selaku Koordinator Pusbang MBKM untad menuturkan bahwa program ini bertujuan untuk memperkenalkan pengalaman kebhinekaan antar mahasiswa dalam membangun kompetensi sebagai Mahasiswa.

“ Pertukaran Mahasiswa Merdeka adalah pertukaran selama satu semester yang dilakukan antar daerah untuk memberikan pengalaman kebhinekaan dan sistem ahli kredit sebanyak 20 sks. Meski bertukar sementara namun kami berharap akan bermakna selamanya. PNN bertujuan mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan softskill kepada mahasiswa agar mampu berbaur dengan berbagai latar belakang yang berbeda untuk meningkatkan persatuan dan nasionalisme, memberikan pengalaman belajar diperguruan tinggi lain melalui sistem ahli kredit untuk memperkuat dan memperluas kompetensi serta pengalaman kebhinekaan. Untad menerima sebanyak 235 mahasiswa dari 20 PT (Universitas Jambi, Universitas Lampung, Universitas Malikusaleh, Universitas Muhamadiah Bengkulu, Universitas Muhamadiah Lampung, Universitas Muhamadiah Sumut, Medan, Universitas Padang, Universitas Palembang, Universitas Prima Indonesia, Universitas Sambudra langsa Aceh, Universitas Sebelas Maret, Universitas Siliwangi, Universitas Malungun, Universitas Singa Perbangsa Karawang, Universitas Slamet Riyadi, Universitas Sriwijaya, Universitas Sumatera Utara dan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon). Untad juga mengirimkan 231 mahasiswa ke 31 PT di luar Sulawesi serta telah mendaftarkan 172 mata kuliah unggulan serta melibatkan 350 dosen mata kuliah.” Papar Dr. Anang.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Ir. Nizzam, M.Sc.,DIC.,Ph.D, ASEAN Eng selaku Plt. Direktur Jendral Pendidikan Tinggi menuturkan dalam sambutannya bahwa Program Kampus Merdeka adalah salah satu program penting yang ada di Kemendikbud.

“ Salah satu program penting di Kemendikbud adalah program kampus merdeka. Program ini lahir dengan kebutuhan dan keniscayaan karena perkembangan teknologi yang pesat yang mengharuskan perguruan tinggi berani bertransformasi. Dinamika ini berpengaruh dengan banyaknya pekerjaan yang mulai hilang dan lahirnya pekerjaan baru yang tidak bisa kita prediksi sehingga penting untuk mendorong kreativitas dan inovasi serta kompetensi yang adaptif, problem solver dan juga akhlak mulia untuk mahasiswa kita. Program ini diharapkan mampu melahirkan mahasiswa dengan poin poin tersebut dengan dilaksanakannya pertukaran mahasiswa untuk membangun kompetensi yang bersifat kebhineka tunggal ika untuk mahasiswa lintas dalam dan luar negeri. Pada hari ini sekitar 235 mahasiswa akan belajar di Untad yang sangat bagus jika interaksi antar mahasiswa terjalin dengan baik. Semoga program ini berjalan dengan lancar sehingga cita cita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa ini dapat terwujud untuk Indonesia Emas kedepannya.” Jelas Prof. Nizzam.

Dikesempatan lainnya, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor Untad mengapersiasi pihak Akademik Untad yang dapat mengambil peluang untuk melaksanakan program  ini di Universitas Tadulako.

“ Hari ini adalah hari yang baik karena kita bisa melaksanakan program yang luar biasa yang tentu memberikan makna penting sebagai perguruan tinggi yang sama sama menjalankan tridharma. Program ini adalah program unggulan sehingga saya selaku Rektor mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Universitas Tadulako bidang akademik secara keseluruhan yang telah merespon dan menangkap peluang yang ditawarkan oleh kemendikbud. Untad telah menjalankan beberapa program kemendikbud diantaranya hibah kerjasama implementasi kurikulum dalam MBKM yang diperoleh 6 prodi Untad. Kemudian Hibah Program Kompetisi MBKM serta Hibah Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi oleh 3 Prodi. Untad juga telah melakukan penandatangan MoU 37 PT untuk siap melaksanakan MBKM. Saya berharap kepada semua pihak di Untad, sebagai tuan rumah, kita akan menerima mahasiswa dari berbagai PT sehingga penting untuk memberikan yang terbaik agar setiap mahasiswa optimal dalam mempelajari atmsofer akademik di Untad. Saya juga menitip harap kepada Mahasiswa Untad yang akan belajar diberbagai PT diluar Sulawesi agar menggunakan kesempatan ini dengan baik.” Ujar Prof. Mahfudz.

Usai sambutan, Acara kemudian dilanjutkan dengan kuliah umum oleh Dr. sc.agr. Aiyen Tjoa selaku Dosen Agroteknologi – Fakultas Pertanian Untad dengan judul “Memupuk Pandangan Global ; Mempersiapkan Kehidupan & Karir Global. Selengkapnya dapat dilihat disini. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: No Right Klik and Copy!!