September 23, 2021

Untad Bersama FMIPA Untad Gelar 3rd International Seminar on Science and Technology 2021

Untad Bersama FMIPA Untad Gelar 3rd International Seminar on Science and Technology 2021

Digelar selama 2 hari, acara Seminar International “3rd International Seminar on Science and Technology 2021” dengan mengangkat tema “The path of sustainable Development for Better Life” digelar dari tanggal 8-9 September 2021 yang dilaksanakan secara virtual/zoom meeting.

Dalam sambutannya,  Elisa Sesa, Ph.D selaku ketua panitia acara menuturkan bahwa seminar virtual ini diikuti sebanyak 7 negara partisipan.

“ Acara seminar international ini dilaksanakan untuk merayakan Dies Natalies Untad ke 40 dan juga Fakultas Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam Untad yang ke 14. Kegiatan ini diikuti oleh para akademisi, peneliti yang terkait dengan science and technology. Partisipan datang dari beberapa universitas dunia seperti Paris University serta perguruan tinggi dari 7 negara berbeda seperti Australia, Jepang, India, Korea, Mongolia, Malaysia serta Indonesia. Terdapat 108 papers/abstract yang sudah masuk dan akan kita diskusikan dalam seminar international ini secara virtual. Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Rektor dan Dekan FMIPA serta seluruh pihak yang mendukung pelaksanakan acara ini. Harapannya akan ada kolaborasi dan kerjasama internasional satu sama lain usai kegiatan ini dan saya ucapkan terima kasih pula kepada seluruh keynote speaker yang telah berpartisipasi dalam acara ini.” Papar Pak Elisa Ph.D.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Amar Akbar Ali, ST.,MT,IPU, ASEAN Eng selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama dalam sambutannya menuturkan harapannya agar akan banyak kerjasama lagi yang dapat dilakukan terkait science and technology.

“ Seperti kita ketahui bersama bahwa science dan teknologi memiliki integritas yang komperhensif dalam pertumbuhan dan perkembangan untuk mengembangkan kualitas kehidupan manusia. Para Peneliti telah berkontribusi cukup signifikan sehingga keberlanjutannya penting untuk dibahas dalam seminar ini. Meski seminar selama dua hari ini belum sepenuhnya untuk mencover hal tersebut, tapi saya meyakini bahwa kesempatan ini dapat mengidentifikasi main problem yang ingin kita tuju dan cari solusinya. Kita dapat belajar satu sama lain sehingga kedepannya kita dapat bekerjasama terkait topic yang dibahas pada hari ini oleh narasumber dan menambah wawasan kita terkait science and technology ditengah era industry 4.0.”  Ujar Prof. Amar.

Usai sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi seminar terkait science and technology oleh beberapa diantaranya ;

  • Kyoung Woong Kim, Gwangju Institute of Sciences and Technology (GIST) South Korea
  • Xiaojing Zhou, Dosen di University of Newcastle, New South Wales, Australia
  • Dr. Kuwat Triana, Dekan FMIPA UGM, Indonesia

Pada hari kedua, seminar dilanjutkan dengan materi yang dibawakan oleh beberapa narasumber seperti ;

  • Tatsuya Oshima, University of Miyazaki – Japan
  • Mohamad Rafi, M.Si – IPB University – Indonesia
  • Dr. Andri Dian Nugraha – Bandung Institute of Technology – Indonesia

Pada kesempatan tersebut, Ir. Darmawati Darwis, Ph.D selaku Dekan FMIPA menyampaikan usai pemaparan materi rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak atas terselenggaranya seminar internasional virtual kali ini.

“ Saya percaya bahwa selama dua hari seminar, tidak mungkin untuk membahas semua masalah penting, tetapi dari forum ini, saya berharap Anda semua dapat mengidentifikasi masalah utama yang ingin kita bahas. Kami saling berbagi dan belajar di forum ini. Kami berharap kami dapat menjalin lebih banyak kolaborasi dalam waktu dekat di bidang sains dan teknologi dengan para pembicara hari ini. Atas nama Universitas Tadulako, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh staf dan panitia di Fakultas MIPA dan International Office, atas inisiatif dan upaya intensif untuk menyelenggarakan seminar ini di Universitas Tadulako sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat kerjasama kita dengan institusi lain di seluruh dunia.” Papar Ir. Darmawati menutup seminar International tersebut. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: No Right Klik and Copy!!