September 23, 2021

Ujian UTBK – Untad 2021 Akan Diikuti Sebanyak 7.746 Peserta

Ujian UTBK – Untad 2021 Akan Diikuti Sebanyak 7.746 Peserta

Bertempat di Lobby Gedung Rektorat Untad, acara penyerahan Berita Acara Pelaksanaan UTBK SBMPTN Untad 2021 digelar pada Minggu (11/04/2021) Pagi yang dihadiri langsung Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor bersama Dr. Lukman Nadjamuddin, M.Hum selaku Wakil Rektor Bidang Akademik beserta para Wakil Rektor, Para Dekan dan civitas Akademika Untad.

Dalam Laporannya, Dr. Lukman menyampaikan detail informasi terkait pelaksanaan UTBK SBMPTN Untad tahun 2021.

“Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 telah dilaksanakan sejak tanggal 15 Maret sampai 2 April 2021. Jumlah pendaftar calon mahasiswa baru yang memilih mengikuti ujian di Pusat UTBK-SBMPTN Universitas Tadulako tahun 2021 berjumlah : 7746 peserta yang terdiri dari:
1). Peserta SAINTEK : 2.956 orang (38,16%),
2). Peserta SOSHUM : 3.139 orang (40,52%),
3). Peserta CAMPURAN (SAINTEK & SOSHUM) : 1.651 orang (21,31%). Materi UTBK Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan alokasi waktu untuk SAINTEK 165 menit, SOSHUM 165 menit, CAMPURAN 285 menit.

UTBK–SBMPTN tahun 2021 dilaksanakan 2 Gelombang yakni Gelombang I pada tanggal 12-18 April dan gelombang II Tanggal 26 April – 2 Mei 2021. Kemudian khusus di pusat UTBK-SBMPTN Universitas Tadulako, dilaksanaan tanggal 12 April sampai dengan 1 Mei 2021 (berakhir 1 hari lebih cepat dari jadwal nasional).” Jelas Dr. Lukman.

Beliau turut menyampaikan bahwa Jumlah Lokasi Ujian yang digunakan pada UTBK-SBMPTN 2021 terdiri dari 4 lokasi dengan jumlah ruangan sebanyak 29 ruangan, dan 455 komputer berlokasi di :
1). Universitas Tadulako :10 Ruangan, 170 komputer,
2). SMKN 1 Palu : 4 Ruangan, 60 komputer
3). SMKN 2 Palu : 9 ruangan, 135 komputer
4). SMKN 3 Palu : 6 ruangan, 90 komputer.

“ Selain panitia pelaksana dan panitia Teknologi Informasi, pusat UTBK UNTAD sudah membentuk Tim Covid 19 untuk memastikan bahwa Protokol Covid dilaksanakan dengan baik selama ujian. Strerilisasi Lokasi dan ruangan Ujian sudah dilakukan sejak beberap hari lalu. Selain itu waktu antar sesi ujian setiap hari, petugas covid nantinya akan melakukan sterilisasi ruangan ujian di semua lokasi ujian. Beberapa pendukung lainnya seperti tenaga medis, ruang perawatan, pengukur suhu, disinfectan, masker cadangan, ambulance dan lain-lain sudah disiapkan di setiap lokasi ujian. Saat pelaksanaan UTBK, disetiap lokasi ujian sudah dijadwalkan Penanggung Jawab Lokasi dan Wakilnya. Masing-masing penanggung jawab lokasi dibantu oleh Penanggung Jawab Ruangan atau Pengawas. Selain itu, disetiap ruangan ujian dibantu oleh tenaga teknisi ruangan dan Tenaga Server Jaringan Internet.” Tambah Dr. Lukman.

Nantinya Pengawas ujian berasal dari Dosen Universitas Tadulako dan Guru dari sekolah mitra. Demikian juga tim Teknisi Ruangan dan Server, semuanya berasal dari tenaga Universitas Tadulako dan Sekolah Mitra. Jumlah pengawas yang terlibat pada pusat UTBK selama pelaksanaan ujian adalah 531 orang dan sudah mengikuti Penjelasan Teknis Pelaksanaan Pengawasan UTBK oleh Panitia Pelaksana.

Dikesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor Untad memaparkan dalam sambutannya agar panitia pelaksana dapat menyiapkan hal pendukung untuk kelancaran proses UTBK tersebut seperti kesiapan komputer dan jaringan untuk perlu diidentifikasi sebelum pelaksanaannya ujian nanti.

“ Selain itu, saya berharap agar kesiapan dari segi listrik juga untuk dapat disiapkan dengan baik dan dikomunikasikan kepada pihak PLN sehingga masalah-masalah teknis terkait hal tersebut dapat diminimalisir. Keamanan terkait covid juga harapannya dapat terus dilaksanakan selama proses ujian. Pada kesempatan ini saya juga ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak Kepala Sekolah yang telah menyediakan tempat ujian yang memadai untuk para calon mahasiswa yang akan mengikuti ujian UTBK tahun ini.” Ujar Prof. Mahfudz.

Usai sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Berita Acara Pelaksanaan UTBK SBMPTN Untad 2021 kepada perwakilan Untad dan Kepala Sekolah. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: No Right Klik and Copy!!