September 26, 2018

Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas, Police Goes To Campus Sambangi Untad

Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas, Police Goes To Campus Sambangi Untad

Sebagai bentuk kepeduliaan Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) terhadap keselamatan dalam berlalu lintas, Korps Lalu Lintas POLRI bekerjasama dengan Universitas Tadulako (Untad) mengadakan Program Police Goes To Campus pada Kamis (6/9/18) bertempat di Auditorium Utama Untad. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah, Brigjen Pol Drs Ermi Widyatno, MM yang diwakili oleh Irwasda Polda Sulteng, Kombes Pol Drs Aries Syarief Hidayat, MM.

Program Police Goes to Campus merupakan wujud komitmen kepolisian membangun kesadaran tertib berkendara kepada masyarakat usia muda dan akan dilaksanakan  di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Tujuannya agar mahasiswa sebagai Agen Perubahan dan Pelopor keselamatan dalam berlalu Lintas menjadi lebih peduli bahwa keselamatan dalam berlalu lintas bukan hanya sebagai kewajiban tetapi kebutuhan.

Kombes Pol Drs Agus Salim mewakili Dirkamsel Korlantas Polri, memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa dengan mengangkat tema “Road Safety To Zero  Accidents” . Kuliah umum ini  berisi penjelasan tentang modernisasi polisi lalu lintas (Polantas) serta bagaimana menjaga keselamatan dalam berlalu lintas. Dalam pemaparannya Kombes (Pol) Agus Salim memaparkan bahwa ada 7 jenis pelanggaran yang pada umumnya dilakukan dan dapat menyebabkan korban jiwa diantaranya pengendara tidak menggunakan helm, tidak menggunakan sabuk pengaman serta berkendara dalam kecepatan tinggi.

“ Untuk mewujudkan Zero Accidents dibutuhkan kesadaran dari diri kita masing-masing dalam membangun budaya tertib, adapun upaya yang telah dilakukan oleh Polri untuk meminimalisir kecelakaan dalam lalu lintas diantaranya adanya E-Tilang, Smart SIM dan Safety Riding Center.” Terang Kombes Pol Agus Salim.

Prof Dr H Djayani Nurdin SE M.Si mewakili rektor Untad mengapresiasi kegiatan ini dan berpesan kepada mahasiswa yang hadir agar tertib dalam berlalu lintas dan turut serta dalam meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar dengan mensosialisasikan pengetahuan tentang aturan berlalu lintas kepada keluarga dekat,teman,tetangga serta masyarakat sekitar. Pada sesi berikutnya, Dr Taslim Bahar, MT sebagai Pakar transportasi turut memaparkan materinya terkait sistem dan prinsip transportasi.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran pejabat  Untad, Polda Sulteng serta mahasiswa dari berbagai fakultas. Police Goes to Campus juga memberikan layanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) kepada dosen, staf serta mahasiswa. RFS/Humas Untad

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.