August 04, 2021

SOSIALISASI SPR BERSAMA PT POSO ENERGY

SOSIALISASI SPR BERSAMA PT POSO ENERGY

Kerjasama terkait program Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) terus dijalankan oleh Fakultas Peternakan dan Perikanan (Fapetkan) Universitas Tadulako (Untad) selaku Pengelola SPR Sulawesi Tengah. Setelah Kabupaten Sigi, Fakultas Peternakan dan Perikanan (Fapetkan) yang didampingi oleh LPPM Untad mengadakan sosialisasi  SPR untuk wilayah Kabupaten Poso bersama PT.Poso Energy secara virtual zoom meeting pada Selasa (22/06).

Dalam sosialisasi yang dilakukan, terjalin jejak pendapat dari pihak SPR, LPPM Untad dan PT Poso Energy.  Kepada PT Poso Energy, Ir Rizal Y Tantu M.Si selaku Kepala Sekolah SPR dalam paparanya menjelaska beberapa faktor penting dilakukannya sinergitas antara Pengelola SPR dan Pemda dalam hal ini Pemda Poso yaitu mengingat bahwa mindset para peternak masih menjadikan ternak sebagai tabungan Hidup syang dipelihara secara konvensional tanpa memperhatikan aspek manajemennya.

“Di masyarakat kita, sebagian besar ternak hanya dipelihara tanpa mengetahui bagaimana cara memanfaatkannya dari segi pemberian pakan dan manajemennya. Oleh karena itu, SPR ini menjadi wadah yang dapat mengubah pemikiran para peternak melalui pendidikan partisipatif dengan beriorentasikan bisnis kolektif sehingga meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan ekonomi masyarakat,”  tuturnya.

Ir Rizal Y Tantu MSi juga menambahkan, program SPR  ini akan dijalankan dalam jangka waktu 1 hingga 4  tahun atau bahkan hanya 2  tahun jika manajemen yang dijalankan dianggap telah baik.

Dr Ir Rusdin MP IPU berharap, dengan adanya SPR di Kabupaten Poso, dapatmembuat para peternak dapat unggul dalam manajemen sehingga memperoleh hasil ternak yang maksimal. Senada dengan itu, Kepala LPPM Untad, Dr Rusydi MSi juga mengharapkan, sosialisi ini dapat menjadi pintu awal bagi LPPM Untad, Fapetkan Untad sebagai pengelola SPR dengan PT Poso Energy untuk saling bersinergi dalam rangka program SPR.

“Semoga ini menjadi pintu awal kita untuk saling bersinergi khususnya dalam pelaksanaan dan pengembangan program SPR ini kedepannya,” tutupnya. TER

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!