June 19, 2021

Seleksi Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia & NUDC Tingkat Universitas Kembali Digelar

Seleksi Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia & NUDC Tingkat Universitas Kembali Digelar

Seleksi Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) dan National University Debating Championship (NUDC) tingkat Universitas Tadulako tahun 2021 dibuka secara resmi pada Kamis (3/6) pagi di Gedung Pascasarjana Universitas Tadulako. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari pada tanggal 3, 4, dan 5 Juni 2021. Selain seleksi, di hari pertama pelaksanaan para peserta debat juga diberikan workshop terkait penguatan terkait aspek debat.

“Hari ini kita hadir untuk seleksi tahap kedua, setelah tahap pertama kemarin dewan juri sudah menilai penampilan semua peserta yang kemudian baik NUDC maupun KDMI itu terseleksi 8 debater yang dibagi dalam 4 tim. Hari ini kita akan melaksanakan workshop, peserta akan mendapatkan penguatan terkait aspek debat. Mudah-mudahan pelaksanaan workshop dapat memberikan penguatan lebih bagi para peserta untuk pelaksanaan debat. Debat akan dilaksanakan dengan sistem turnamen, dimana mereka langsung berdebat dan akan ada 5 juri pada tiap kompetisi atau lomba”, tutur Yusri, S.Pd., M.Pd. selaku Ketua Tim Dewan Juri NUDC dan KDMI Untad 2021 ketika menjelaskan teknis pelaksanaan seleksi.

Yusri juga berharap agar perwakilan Universitas Tadulako tahun ini bisa mengharumkan nama Untad dengan meraih prestasi lebih dibanding tahun kemarin. “Insya Allah kita semua berharap tahun ini akan ada satu hadiah yang lebih dari tahun sebelumnya, dan para peserta yang menjadi patokan dari keinginan dari harapan ini dapat ikut aktif dan serius mulai hari ini sampai pelaksanaan nanti agar keinginan kita dapat tercapai”, ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. Ir. Sagaf, MP mewakili Rektor Universitas Tadulako untuk membuka kegiatan ini secara simbolis. Pada sambutannya, Dr. Ir. Sagaf, MP. menginginkan agar Mahasiswa Tadulako yang menjadi peserta debat mentalnya tidak kendor. “Hasil dari sini insya Allah akan kita latih dan kita bina dalam rangka mempersiapkan untuk menghadapi kontes tingkat regional dan tingkat nasional. Semangat untuk bertanding termasuk mentalitas untuk menghadapi orang perlu persiapan, dan saya minta pada anak tadulako tidak pernah kendor dalam menghadapi hal-hal seperti itu”, tutupnya.

Tahun 2020, baik NUDC maupun KDMI berhasil masuk dalam 3 besar nasional. Khusus NUDC bahkan lolos pada kompetisi debat tingkat dunia. Kita sama-sama berharap tahun ini perwakilan Universitas Tadulako dapat memberikan hadian manis dengan meraih pencapaian lebih dari tahun kemarin. Diharapkan para peserta dapat ikut aktif dan serius sampai pelaksanaan nanti agar keinginan kita dapat tercapai. (Novi/Humas)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!