September 23, 2021

Sebanyak 8.930 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB Untad Tahun 2021 Via Online

Sebanyak 8.930 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB Untad Tahun 2021 Via Online

Dilaksanakan secara online, acara Pembukaan “Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru – Universitas Tadulako” digelar pada Senin (23/08/2021) Pagi dengan mengangkat tema “Pembentukan Karakter Ketadulakoan dalam mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Era Kebiasaan Baru” yang diikuti oleh segenap Mahasiswa Baru via Zoom Meeting dan Youtube Streaming sebanyak 8.930 Mahasiswa.

Pasjan Satrimafitrah, M.Si.,Ph.D selaku Ketua Panitia PKKMB Untad tahun 2021 dalam sambutannya menuturkan detail acara PKKMB Tahun 2021 yang akan digelar selama 5 hari untuk tingkat Universitas dan Fakultas.

“ Kegiatan PKKMB Untad tahun 2021 nantinya akan berlangsung secara daring selama 3 hari dari tanggal 23 – 25 Agustus untuk tingkat Universitas dan 2 hari dari tanggal 26 – 27 Agustus untuk tingkat Fakultas. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menanamkan Ketadulakoan, kesadaran berbangsa dan bernegara serta peduli lingkungan dan masyarakat kepada setiap mahasiswa baru. Selain itu, PKKMB juga akan memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan civitas akademika Untad serta memperkenalkan hak dan kewajiban mereka sebagai mahasiswa nantinya dan kiat sukses belajar melalui konsep merdeka belajar kampus merdeka. Jumlah mahasiswa yang mengikuti PKKMB Tahun 2021 sebanyak 8.930. Kegiatan ini dipandu oleh masing-masing gugus. Materi kegiatan akan diberikan oleh sekitar 268 dosen dosen dan perwakilan lembaga mahasiswa lingkup untad yang dilaksanakan secara online dan offline (offline akan mengikuti protocol kesehatan).” Ujar Pak Pasjan selaku Ketua Panitia.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Ir. Sagaf, MP selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Untad menuturkan dalam sambutannya poin – poin penting yang perlu ditaati selama kegiatan PKKMB Tahun 2021 berlangsung.

“ Berdasarkan Surat Direktoral Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Riset dan Teknologi No 0387/E/.02.00/2021 tanggal 9 juli 2021 tentang panduan umum PKKMB, maka pelaksanaan PKKMB Untad tahun 2021 akan dilaksanakn secara daring karena situasi covid. Dalam rangka pelaksanaan kegiatan ini, kami pun melibatkan segenap civitas akademika yang sebelumnya telah diberikan ToT (Training of Trainers) meliputi dosen, pegawai serta mahasiswa yang tergabung dalam lembaga mahasiswa.  Sebanyak 8.930 mahasiswa akan terbagi dalam 10 gugus yaitu dalam satu gugus terbagi sebanyak 5 kelas sehingga terdapat 50 kelas yang ada di Untad termasuk Untad PSDKU Tojo Una Una dan Morowali. Tantangan pandemi covid memberikan peluang untuk berinvoasi dalam pembelajaran seperti metode pembelajaran teknologi yang dilakukan secara bertahap dengan kombinasi dari daring dan luring. Paradigma belajar dari Kihajar Dewantara yang melandasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka diharapkan dapat memantik growth mindset setiap mahasiswa sebagai agen perubahan dan menjadi solusi untuk bangsa. Kegiatan ini diharapkan dapat mempercepat adaptasi mahasiswa dalam belajar dengan lingkungan yang baru di Untad. Materi akan meliputi pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air dan kepedulian terhadap lingkungan juga dapat menciptakan generasi yang berkarakter, religius, nasionalis, mandiri dan gotong royong. Selama kegiatan berlangsung tidak dibolehkan memberikan kegiatan sepenuhnya kepada peserta didik senior tanpa ada proses pembimbingan dan pendampingan yang memadai. Saya berharap kepada setiap mahasiswa baru dapat patuh dan tunduk kepada etika, bertanggung jawab, mandiri serta taat pada pedoman yang diatur dalam tata tertib PKKMB.” Jelas Dr. Sagaf.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor Untad menyambut hangat 8.930 Mahasiswa Baru yang mengikuti PKKMB tahun 2021 dan berharap agar dapat mengikuti kegiatan dengan penuh perhatian dan fokus terhadap materi yang diberikan.

“ PKKMB via online merupakan kegiatan yang dilakukan kali kedua setelah sebelumnya dilaksanakan pada awal pandemic ditahun 2020. Alhamdulilah, untuk tahun 2021 sudah jauh lebih baik konsep dan pelaksanaannya jika dibandingkan dengan tahun kemarin. Harapannya selama lima hari kedepan, acara PKKMB  dapat berjalan dengan lancar. Saya turut mengharapkan kepada mahasiswa baru agar dapat melakukan vaksinasi dimasing-masing lokasi terdekat agar setelah masuk belajar di Untad, mahasiswa baru telah mendapatkan vaksin sebanyak 2 kali. Tak hanya mahasiswa baru, seluruh mahasiswa yang berkisar sekitar 40.000 diharapkan dapat ikut serta melakukan vaksinasi segera. Terkait tema PKKMB kali ini bagi saya sudah sangat luar biasa dan relevan dengan isu isu nasional. Saya berharap agar setiap pembimbing dapat melakukan bimbingan dengan maksimal kepada setiap mahasiswa baru kita. Kalian semua tentu masuk ke Universitas Tadulako untuk menumbuhkan keterampilan, keahlian serta kompetensi sehingga mahasiswa baru kita memiliki karakter dan kepribadian yang baik karena hal itu penting dimasa depan.” Papar Prof. Mahfudz.

Usai sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian poin poin penting terkait tata tertib oleh ketua P3K2 Untad oleh Dr.Vita Yanti Fattah, M.Si meliputi acara akan dimulai dari pukul 08.00 – 17.00, penggunaan satu laptop dapat digunakan oleh 2-3 orang dalam zoom meeting. Peserta yang terlambat akan dicatat sebagai bentuk penilaian. Akses masuk dibuka 30 menit sebelum kelas dimulai. Lintas peserta akan ditutup setelah kelas berlangsung selama 15 menit dan Peserta tidak mematikan kamera selama kelas berlangsung. Usai penyampaian tata tertib, acara kemudian dilanjutkan dengan foto bersama via online. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: No Right Klik and Copy!!