Oktober 23, 2021

SBMPTN 2021 Akan Dibuka 15 Maret Mendatang

SBMPTN 2021 Akan Dibuka 15 Maret Mendatang

Universitas Tadulako (Untad) menggelar Konferensi Pers terkait pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021 pada Jumat (12/03/2021) bertempat di Gedung Rektorat Lantai I.

Dalam pemaparannya Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Lukman Nadjamuddin, M.Hum di dampingi Koordinator Pelaksana UTBK- SBMPTN 2021,Yutdam Mudin, S.Si,M.Si menjelaskan kepada para awak media terkait proses pendaftaran SBMPTN 2021.

“ Penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada seluruh Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SBMPTN akan mulai dibuka pada Senin (15/3) dan ditutup pada 1 April mendatang. Sebelum mendaftar UTBK para calon peserta terlebih dahulu harus membuat akun di laman Lembaga tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT), proses pendaftaran akun ini akan mulai tanggal 7 februari hingga hari ini yaitu tanggal 12 maret 2021” kata Dr Lukman

Sama seperti tahun sebelumnya proses ujian UTBK ini terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan akan dilaksanakan dalam dua gelombang yaitu gelombang pertama pada 12-18 April dan gelombang ke dua akan dilaksanakan pada 26 April hingga 2 Mei. Menurut Dr Lukman, pengumuman SBMPTN akan keluar pada 14 Juni 21. Adapun lokasi tes UTBK Untuk wilayah Sulteng akan dilakukan di 4 lokasi yaitu Universitas Tadulako, SMK 1 Palu, SMK 2 Palu dan SMK 3 Palu.

“ Mengingat pandemic Covid 19 yang masih terjadi, maka pelaksanaan UTBK ini akan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid 19, termasuk nantinya dalam penggunaan ruangan hanya akan menggunakan setengah dari kapasitas peserta yang dapat ditampung” lanjut Dr Lukman

Koordinator Pelaksana UTBK-SBMPTN, Yutdam M Si menambahkan bahwa pendaftar UTBK yang tidak lulus SNMPTN dapat mendaftar untuk mengikuti SBMPTN setelah keluarnya hasil pengumuman SNMPTN 2021 pada 22 Maret 2021. Bagi peserta SNMPTN yang mendaftar sebelum pengumuman akhir dan dinyatakan lolos SNMPTN maka proses pendaftaran SBMPTNnya tidak akan diproses dan biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali. Selain itu, sesuai dengan surat edaran dari panitia UTBK Pusat, para peserta UTBK yang memilih PTN di luar Sulteng diimbau untuk tetap memilih lokasi ujian di Palu. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid 19.

Adapun  daya tampung Untad melalui jalur SBMPTN tahun 2021 sebanyak 4036 dari total kuota 8720 orang. Terkait dengan ada tidaknya penambahan kuota jalur SBMPTN, Yutdam mengatakan bahwa kemungkinan tetap ada tergantung dengan jumlah kuota yang terpenuhi di SNMPTN.

“Nanti kita lihat, jumlah kuota yang tidak terpenuhi di SNMPTN akan diakumulasi di SBMPTN, kita tunggu saja dulu hasilnya 22 Maret nanti” terang Yutdam.

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: No Right Klik and Copy!!