September 26, 2018

RSU Universitas Tadulako Resmi Tandatangani MoU Kerjasama Dengan BPJS

RSU Universitas Tadulako Resmi Tandatangani MoU Kerjasama Dengan BPJS

Setelah melewati beberapa tahapan, RSU Universitas Tadulako terhitung mulai tanggal 1 September 2018 telah resmi bekerjasama dan menerima pasien (BPJS) pada momen Grand Launching yang digelar pada Jumat (31/08) Pagi di RSU Universitas Tadulako.

Usia melakukan senam pagi, acara Grand Launching kemudian dibuka oleh dr. Ketut Suarayasa M.Kes selaku Direktur RSU Universitas Tadulako yang dalam sambutannya memaparkan fasilitas RS Untad yang telah resmi bekerjasama dengan BPJS tersebut.

“ RS Untad saat ini telah membuka layanan UGD 24 Jam, rawat inap, rawat jalan, laboraturium, radiologi serta farmasi. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami mengucapkan terima kasih kepada BPJS yang telah mempercayakan RS Untad untuk bermitra didalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Saat ini pun kami sedang mempersiapkan akreditasi RS Untad sehingga kedepannya kami tetap membutuhkan dukungan untuk RS Untad yang terus berproses agar memenuhi standar secara lengkap. Selain dengan BPJS, RSU Untad juga telah bekerjasama dengan RSU Undata melalui penandatanganan MoU untuk rujukan parsial yang sesuai dengan peraturan yang diberlakukan BPJS. Kedepan RSU Untad akan bekerjasama dengan berbagai RS untuk rujukan parsial dengan tujuan kebaikan pasien. Kami pun telah bekerjasama dengan PMI untuk ketersediaan stok darah dan laboraturium swasta, BKKBN dsb. Kami pun mengucapkan terima kasih banyak kepada Rektor Untad beserta jajarannya yang telah memberikan support terbaik selama ini.” Ujar dr. Ketut.

Beliau turut memaparkan bahwa sejak tahun 2017, RSU Untad telah memiliki beberapa poli kesehatan seperti Poli Penyakit Dalam, Poli Anak, Poli Bedah, Poli Kandungan & Kebidanan, Poli Ortopedi, Poli Jantung dan Pembuluh Darah, Poli Mata, Poli THT-KL, Poli Gigi, Poli Gizi, Poli Kulit & Kelamin serta Poli Umum.

Pada kesempatan yang sama, Dr. dr. Muh Sabir, M.Si selaku Dekan Fakultas Kedokteran Untad berharap Grand Launching RSU Untad menjadi momentum RS agar semakin baik dalam memberikan pelayanan kesehatan.

“ Momen hari ini merupakan proses perjalanan panjang sejak tahun 2014 yang penuh kerja keras. Sehingga harapannya, RSU Untad kedepan semakin berkualitas dan profesional dalam memberikan pelayanan. SDM yang ada di FK masih cukup terbatas, sehingga kami terbuka dengan dukungan dan saran yang membangun untuk RSU Untad yang semakin optimal kedepannya.” Papar Dr. dr. Sabir.

Dikesempatan lainnya, Hartati Rachim selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palu mengapresiasi usaha Universitas Tadulako selama ini yang terus berusaha memperbaiki fasilitas kesehatannya sehingga di awal September tahun ini, RSU Untad telah memenuhi syarat untuk melayani Pasien BPJS kedepannya. “Kami sangat mengapresiasi RSU Untad yang terus berbenah sehingga pada hari ini, setelah melewati beberapa tahap, RSU Untad akhirnya layak dan memenuhi kriteria untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien BPJS. Kami pun turut mengapresiasi pula RSU Untad yang telah mempersiapkan akreditasinya. Kami berharap RSU Untad kedepan dapat melayani pasien BPJS dengan maksimal dan prima.”

Diakhir acara Grand Launching RSU Untad, Prof. Dr. Ir Muh Basir SE, MS selaku Rektor Universitas Tadulako mengucapkan rasa syukur atas momen RSU Untad yang akan memulai pelayanan kesehatan bersama BPJS September tahun ini.

“ Tahun 2011, tempat kita berkumpul saat ini masih belum terawat dan penuh semak belukar. Hari ini saya melihat RSU Undata telah lahir kembali. Sebagaimana kita ketahui bersama, hal apapun yang baru dilahirkan pasti membutuhkan banyak pembinaan dari berbagai pihak. Kami menyadari RSU Untad masih terus berbenah sehingga saya meminta kepada Direktur RS Undata, RS Anutapura serta RS Swasta yang ada agar dapat berkelanjutan memberikan bimbingan kepada RSU Untad yang baru memulai langkahnya bersama BPJS. RS Untad tentu akan memberikan manfaat kepada sekitarnya terutama kepada para Mahasiswa Untad yang saat ini berjumlah sekitar 37.000, tentu RSU Untad masih belum mampu mencover semua itu sehingga perlu kerjasama dan dukungan dengan berbagai pihak.” Papar Prof. Basir.

 

Acara yang turut dihadiri Ketua Persatuan Rumah Sakit Sulawesi Tengah, Asosiasi Rumah Sakit Daerah, Kadis Kesehatan Kota Palu, Direktur RS Undata, Perwakilan Kepala Puskesmas Kota Palu serta jajaran akademisi Untad kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara RSU Untad dengan BPJS dan diakhiri dengan penguntingan pita di area IGS (Instalasi Gawat Darurat) Untad yang resmi beroperasi mulai tanggal 1 September 2018. AA

 

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.