Oktober 23, 2020

Prodi Akuntansi Untad Gelar International Webinar Terkait Tips Menulis & Menerbitkan Jurnal Terindeks

Prodi Akuntansi Untad Gelar International Webinar Terkait Tips Menulis & Menerbitkan Jurnal Terindeks

Dalam rangka menunjang kinerja dosen dalam publikasi hasil penelitian di jurnal terindeks internasional, pada Kamis (16/07/2020) siang, Jurusan Akuntansi – Fakultas Ekonomi & Bisnis Untad menggelar International Webinar dengan mengangkat tema “Tips in Writing and Publishing on Indexed Journal”yang dilaksanakan via Zoom & live Youtube.

Dalam sambutannya, Dr. Muhtar Lutfi, SE.,M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis Untad menyambut hangat kedua pemateri dan menuturkan maksud dan tujuan diadakannya International Webinar terkait penulisan jurnal terindeks.

“ Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang tulus dan sambutan hangat kepada pembicara utama kita, dosen dari Universitas Tadulako dan seluruh peserta dari berbagai daerah dan negara. Salah satu tugas utama dosen di lembaga pendidikan tinggi di Indonesia adalah untuk melakukan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal internasional terkemuka yang diindeks. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat penting untuk mendukung kemampuan dan kinerja dosen dalam publikasi hasil penelitian dan seterusnya.”

“ Baru-baru ini, jumlah publikasi dosen di Indonesia telah meningkat secara signifikan, tetapi saya pikir masih perlu meningkat dalam hal kualitas dan mudah-mudahan artikel kedepannya akan semakin meningkat kualitasnya dimasa depan. Webinar ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kami karena saya percaya pembicara utama memiliki reputasi tinggi dalam menerbitkan artikel/jurnal yang sangat baik dan mereka akan membagikan semua pengetahuan dan pengalaman mereka kepada seluruh peserta di Webinar kali ini. Saya berharap semua peserta akan memperoleh lebih banyak pengetahuan dari pembicara utama kami hari ini.” Jelas Dr. Muhtar selaku Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis.

Acara webinar yang juga dibuka langsung oleh Prof. Dr. Amar selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Untad turut mengundang narasumber seperti Prof. Dr. Jati Kusuma Ali selaku dosen dan peneliti di Universitas Teknologi MARA Malaysia dan Harun, Ph.D, M.Acc.,B.Econ, CA selaku peneliti dan dosen di Untad dan University of Canberra.

Dalam materinya, Prof. Dr. Jati Kusuma Ali memaparkan terkait format normal dalam penulisan jurnal, isu yang sering terjadi dalam proses penulisan jurnal serta tips penerbitan jurnal di index bereputasi. *materi dapat di klik disini

Pada kesempatan lainnya, Harun, Ph.D, M.Acc.,B.Econ, CA turut menuturkan tujuh langkah untuk menerbitkan jurnal diantaranya ;

  • Jangan terburu-buru mengirimkan artikel untuk dipublikasi.
  • Pilih outlet publikasi yang sesuai.
  • Baca tujuan dan ruang lingkup serta pedoman penulis jurnal target dengan cermat.
  • Buat kesan pertama yang baik dengan judul dan abstrak.
  • Miliki perusahaan pengeditan profesional salin-edit (bukan hanya mengoreksi) naskah, termasuk teks utama, daftar referensi, tabel dan gambar.
  • Kirim surat pengantar dengan naskah.
  • Alamat komentar resensi dengan sangat hati-hati.

Peserta dalam international webinar kali ini terdiri dari lokal, nasional dan internasional. Selain peserta dari kota Palu, terdapat juga peserta dari kota atau universitas lainnya di Indonesia seperti dari Jawa, Kalimantan, Sumatera, Papua, Maluku dan Nusa Tenggara serta BPK, KemenristekBrin, dan Inspektorat. Untuk peserta Internasional, terdapat peserta asal Damanhore University – Mesir. International Webinar kali ini adalah bagian dari perayaan Hari Jadi Universitas Tadulako yang ke-39. Usai pemaparan dari kedua pemateri, webinar kemudian dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab dari peserta ke narasumber. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!