Agustus 17, 2018

Peserta LEMHANAS RI Kunjungi Untad Guna Program Pendidikan Reguler 2018

Peserta LEMHANAS RI Kunjungi Untad Guna Program Pendidikan Reguler 2018

Bertempat di Media Center Lantai II Untad, Lembaga Ketahanan Nasional (LEMHANAS) Republik Indonesia melakukan kunjungan ke Universitas Tadulako dalam rangka pelaksanaan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) –  Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) ke 57 tahun 2018 pada Senin (16/07) Siang.

Dalam sambutannya, ProfDr. Ir Muhammad Basir Chiyo SE.,MS selaku Rektor Untad menyambut baik kedatangan seluruh Unsur Pimpinan & Staf LEMHANAS RI serta peserta LEMHANAS Sulawesi Tengah di Universitas Tadulako.

“ Saya mewakili segenap keluarga Universitas Tadulako merasa sangat senang mendapatkan kunjungan dari rombongan LEMHANAS 2018 dalam rangka SSDN- Program Pendidikan Reguler Angkatan 57. Melalui momentum ini saya ingin menyampaikan kepada Lembaga Ketahanan Nasional RI bahwa Letih dalam hidup tidak menjadi alasan (untuk berhenti membangun NKRI), Estafet (pergerakan) kepemimpinan ada ditangan anda sekalian (peserta LEMHANAS). Menjadi pemimpin merupakan amanah sehingga Apapun situasinya, Harapan Rakyat menjadi prioritas pertama. Nasionalisme pun turut jadi yang utama. Oleh karenanya, Abaikan segala perbedaan diantara kita Sebab perbedaan itulah energi Raksasa Bangsa kita, L.E.M.H.A.N.A.S.” Ujar Prof.Basir.

Pada kesempatan yang sama, Mayjen TNI Asro Budi selaku perwakilan unsur Pimpinan Rombongan LEMHANAS RI memaparkan tujuan diselenggarakannya SSDN kepada peserta LEMHANAS di Untad diantaranya agar cakrawala berpikir para peserta mejadi lebih komprehensif dan integral tentang kondisi objektif dari suatu daerah yang merupakan bagian integral dari NKRI. Selain itu, kunjungan ini diharapkan dapat mempertajam kemampuan peserta untuk menemukan isu-isu strategis didaerah, pengambilan keputusan serta memprediksi implikasi dari rekomendasi kebijakan yang disarankan di Sulawesi Tengah. Kegiatan sekaligus membekali peserta dalam penyusunan taskap dan seminar akhir peserta LEMHANAS.

“ Sasaran SSDN juga diharapkan berpengaruh kepada daerah yang dikunjungi untuk mendapatkan saran yang membangun serta optimalisasi bangnas. Selain itu, LEMHANAS RI mendapatkan data/informasi sebagai bahan kajian LEMHANAS lebih lanjut.” Jelas Mayjen TNI Asro Budi.

Kegiatan LEMHANAS 2018 sebelumnya telah mengunjungi beberapa lokasi seperti Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, DPRD Provinsi Sulteng, Polda Sulteng, Korem 132/Tadulako yang selanjutnya akan mengunjungi Pemkot Palu, DPRD Palu, Pemkab Donggala, DPRD Kab Donggala dan Objek Strategis PT PLTU Mpanau di Palu.

Usai sambutan dari Rektor Untad dan LEMHANAS, acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antar peserta Lemhanans 2018 dengan Rektor& Akademisi Untad. Setelah itu, para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membahas tiga poin mengenai kondisi objektif daerah diantaranya mengenai Kearifan Lokal, Pelaksanaan Pembangunan Nasional serta Kondisi Ketahanan Nasional Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

Diakhir acara, kegiatan yang turut di hadiri Para Wakil Rektor, Para Dekan, Kepala Biro dan akademisi Untad ditutup dengan penyerahan cendramata antara Untad dan LEMHANAS sekaligus foto bersama. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.